Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja
Siker.id | 28 Jan 2022 10:30


Bagikan ke
Perbedaan generasi milenial dan generasi z dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Komposisi penduduk Indonesia menunjukkan penurunan jumlah generasi Baby Boomer dan generasi X. Angkatan kerja saat ini didominasi oleh generasi Milenial dan Generasi Z. Milenial dan terutama Generasi Z akan segera mendominasi angkatan kerja, para pemimpin perusahaan melalui divisi HR harus memahami gaya kerja mereka yang berbeda untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi keduanya.

Milenial dan Generasi Z adalah dua generasi yang masih sulit dipahami karakteristiknya oleh banyak pemimpin perusahaan. Banyak orang masih menyamakan keduanya, menyebabkan kesalahpahaman bahwa Generasi Z dan Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) berasal dari generasi yang sama dan mereka sering digeneralisasi dengan stereotip yang sama pula.

Namun, jika dilihat dari klasifikasi tahun lahir, kebanyakan orang yang termasuk di kelompok generasi Milenial saat ini mendekati usia 40 daripada 14. Milenial dan Generasi Z adalah dua generasi yang terpisah secara nilai, tujuan, dan prioritas yang berbeda. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk memperlakukan mereka dengan sesuai.

Oleh sebab itu berikut perbedaan mendasar generasi milenial dan generasi z dalam dunia kerja!

Baca juga: 4 Tips Membangun Citra Positif di Tempat Kerja

Milenial tumbuh dalam kerja kolaboratif sementara Gen Z menyukai kemandirian

Milenial memiliki mentalitas kolaboratif dan berorientasi pada kerja tim, lebih suka bekerja bersama di ruang kantor terbuka. Di sisi lain, anggota Generasi Z sering memilih untuk bekerja secara mandiri, dengan 45% lebih memilih bekerja di ruang pribadi daripada di tempat kerja bersama.

Milenial mengandalkan komunikasi digital, sementara Generasi Z lebih suka komunikasi tatap muka

Perusahaan Anda mungkin baru saja terbiasa dengan talenta perusahaan dari generasi Milenial yang lebih suka berkomunikasi melalui email atau Slack, tetapi bersiaplah untuk kembali melakukan penyesuaian karena meski dijuluki 'digital natives', Generasi Z sebenarnya lebih menyukai komunikasi tatap muka. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, 84% Generasi Z mengatakan tatap muka adalah cara komunikasi yang mereka sukai. Sebaliknya, Milenial mengandalkan alat dan platform komunikasi digital.

Baca juga: 4 Cara Kaum Milenial Menghasilkan Uang

Milenial ingin mengejar beragam job roles, sedangkan Generasi Z mengejar career paths

Milenial dikenal sebagai generasi 'job-hopping', karena mereka adalah generasi yang sering berpindah pekerjaan demi jabatan atau posisi tertentu. Sebaliknya, 61% Gen Z mengatakan mereka akan bertahan di perusahaan selama lebih dari 10 tahun jika organisasi itu selaras dengan nilai-nilai mereka.

Sekian artikel tentang perbedaan generasi milenial dan generasi z dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial


Editor: Theo Adi -

     

Komentar