Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Situs Kuliah Online Terkenal di Dunia
Siker.id | 26 Jan 2022 11:30


Bagikan ke
Situs kuliah online terkenal di dunia. (siker)

siker.id - Siapa nih dari kamu yang mau dapat kuliah gratis di universitas-universitas ternama dunia, seperti MIT, UI, Harvard, dan lainnya? Pasti banyak yang mau nih, apalagi nggak perlu bayar. Untuk kamu yang mau belajar dan ingin menambah ilmunya, kamu bisa mengikuti kuliah online dari berbagai kampus elite di dunia. Modalnya cuma internet aja kok. Berikut ini nama-nama situs yang bisa kamu coba.

Baca juga: 3 Tips Public Speaking Bagi Mahasiswa

Open2Study

Open2Study (OpenEdu) merupakan sebuah organisasi pendidikan tinggi berbasis online di Australia. Pada situs kuliah online ini, terdapat dua jenis kursus yang bisa kamu ambil, yaitu University Courses dan Free Courses. University Courses berbentuk perkuliahan jarak jauh dimana mahasiswa bisa lulus serta mendapatkan gelar sertifikat yang terakreditasi sama seperti dengan mahasiswa yang berkuliah di kampus secara offline. Sementara, Free Courses menjadi fitur kuliah online gratis yang bisa diakses siapa saja.

edX

Dengan mendaftar kuliah online gratis di situs edX, kamu akan memperoleh silabus, rekaman video hingga forum diskusi dari berbagai bidang kursus secara gratis. Situs edX ini didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Gak tanggung, ada 1300 kursus yang bisa kamu ikuti dari situs kuliah online ini.

Coursera

Lalu ada Coursera nih! Pada situs ini, kamu akan belajar dari bimbingan instruktur keren dan berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan dan universitas terbaik di dunia. Teknik pembelajarannya dengan menggunakan video dan rekaman dari dosen dan forum diskusi. Kamu bisa menikmati lebih dari 2000 jenis kursus dari segala bidang pelajaran yang disediakan oleh 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang bisa kamu pilih secara gratis.

Baca juga: 3 Tanda Burn Out Bagi Mahasiswa

Future Learn

Future Learn menawarkan ratusan kursus online mulai dari bidang bahasa, bisnis, sains teknologi, kesehatan hingga psikologi secara gratis. Di sini kamu bisa mendaftar untuk mengikuti kursus online dan bertemu dengan pelajar-pelajar serta beberapa pengajar terbaik dari seluruh penjuru dunia. Kamu akan mendapatkan materi perkuliahan berupa video, artikel, kuis, dan diskusi, bahkan kamu bisa belajar tentang dunia robotik di sini.

IndonesiaX

Buat kamu yang ingin kuliah gratis tapi nggak bisa bahasa Inggris, kamu bisa mencoba situs ini. Di sini bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Situs ini hampir sama seperti yang lainnya yang juga memberikan sistem pembelajaran dengan menggunakan forum diskusi, video, artikel dan kuis yang diberikan oleh para pengajar. Di IndonesiaX kamu bisa mendapatkan ilmu kuliah dari bidang broadcasting sampai manajemen. IndonesiaX memiliki kemitraan dengan beberapa kampus dan organisasi elit di Indonesia loh, seperti Universitas Indonesia, ITB, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Universitas Airlangga, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang situs kuliah online. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Ampuh Portofolio Bagi Mahasiswa


Editor: Theo Adi -

     

Komentar