Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Fresh Graduate jadi PNS
Siker.id | 25 Jan 2022 18:45


Bagikan ke
Fresh graduate bisa menjadi PNS. (siker)

siker.id - Saat kita sudah sampai di pengujung kuliah yakni wisuda, pastinya tidak sedikit mahasiswa yang ingin segera mendapatkan pekerjaan. Lalu salah satu prospek yang menjanjikan adalah menjadi seorang pns sesuai bidangnya. Ada beberapa mahasiswa yang tidak tertarik dengan pns, akan tetapi tidak sedikit pula yang tertarik terhadap pns. Pegawai Negeri Sipil atau yang sering disebut dengan PNS merupakan setiap warga negara republik indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan serta diangkat oleh pejabat yang berwenang dan nantinya akan diberikan tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diberikan tugas negara lainnya. Dan gaji yang akan diberikan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pegawai negeri berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata. Saat anda ingin menjadi seorang pns anda harus belajar dengan giat sekaligus latihan fisik karena nantinya saat penyeleksian ada seleksi fisik seperti push up, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips fresh graduate lolos pns:

Baca juga: Berikut 5 Tantangan Fresh Graduate Menentukan Karir

Pemilihan instansi dan formasi

Pada umumnya, setiap calon pelamar cpns akan sibuk mempersiapkan berbagai dokumen terlebih dahulu. Akan tetapi, hal tersebut akan dilakukan nanti maka singkirkan dulu. Sebelumnya pilihlah dahulu instansi dan formasi yang sesuai dengan jurusan atau latar belakang pendidikan kalian. Anda harus mencari intansi mana saja yang membuka lowongan sesuai latar belakang pendidikanmu. Dikarenakan, jika kamu mencari yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikanmu maka bisa dipastikan sikers tidak dapat mendaftar.

Siapkanlah dokumen yang diperlukan

Jika anda sudah menemukan instansi dan formasi yang kalian inginkan kemungkinan besar, kalian bisa memasuki ke tahap selanjutnya yakni mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa syarat setiap instansi berbeda. Sedangkan, syarat yang biasanya beredar di media sosial hanyalah syarat secara umum saja. Anda dapat mempersiapkan semua persyaratan tersebut dengan lengkap dan upload sesuai yang sudah ditentukan. Oleh karena itu hanya satu orang saja yang diperbolehkan mendaftar di satu instansi dan jabatan.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Karir Bagi Fresh Graduate

Fokus Belajar

Saat anda mempunyai niat dan tekat yang kuat pasti mampu mengikuti seleksi cpns nanti. Namanya seleksi cpns pasti ada testnya yang harus kamu lakukan. Anda diharuskan untuk belajar dengan benar dan fokus agar bisa mengisi seluruh soal tes cpns.

Sekian artikel tentang tips fresh graduat menjadi PNS. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Kegiatan Fresh Graduate Selama Menganggur


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar