Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Batasan yang Harus Ada di Tempat Kerja
Siker.id | 24 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
5 btasan yang harus ada di tempat kerja. (siker)

siker.id - Apakah kalian sering merasakan jika waktu bekerja menjadi semakin panjang? Bahkan ketika waktu sudah beralih untuk kehidupan pribadi, notifikasi pekerjaan masih saja terus menganggu. Rasanya sebagian besar waktu hanya digunakan untuk bekerja dan bekerja. Melakukan batasan yang sehat antara kehidupan pekerjaan dan pribadi itu sangat penting dilakukan. Pekerja yang mengabaikan batasan di tempat kerja ini akan rentan burnout hingga stres. Berikut 5 batasan yang harus ada di tempat kerja!

Baca juga: Tips Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Kesehatan

Sulit untuk tahu kapan saatnya mengatur batasan untuk kesehatan Anda di tempat kerja karena penurunan kesehatan biasanya terjadi dengan cara bertahap. Membiarkan stres bertambah setiap hari, kehilangan jam tidur, dan menghabiskan waktu seharian dengan duduk di kursi kerja, dipastikan mampu memperburuk kesehatan. Kunci menjaga kesehatan adalah dengan tidak menjadikan pekerjaan sebagai hal yang menghantui pikiran. Selalu ingat hal-hal yang bisa menjaga kesehatan Anda.

Keluarga

Periset menemukan, sangat mudah untuk kaum pekerja membuat keluarga di sekitarnya merasa menderita saat mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan. Banyak dari mereka yang menggunakan alasan menghabiskan waktu dengan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hanya saja, banyak yang tidak menyadari, bahwa tidak mampu memberikan waktu yang cukup untuk keluarga karena pekerjaan ternyata menjadi hutang tersendiri yang dirasakan oleh keluarga.

Kesehatan Jiwa

Kesehatan jiwa adalah milik Anda pribadi, bukan milik atasan atau perusahaan tempat Anda bekerja. Anda harus memonitor tingkat kewarasan Anda sendiri dan membuat batasan agar tetap dalam kondisi sehat. Biasanya, kehidupan di luar kantor menjadi cara yang ampuh untuk membuat Anda tetap waras. Ketika Anda telah bekerja dengan maksimal dalam satu hari, atau mungkin satu minggu, kemudian atasan Anda meminta Anda bekerja lebih, maka Anda berhak mengatakan tidak dan kemudian menikmati waktu bersama teman-teman.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Bertahan di Tempat Kerja Sekarang

Batasan waktu

Salah satu hal yang sulit dilakukan pekerja adalah manajemen waktu. Pengendalian waktu antara kehidupan bekerja, kehidupan pribadi, dan kehidupan sosial kerap kali tidak seimbang. Banyak dari mereka terlalu terpaku pada waktu bekerja saja. Untuk itu, penting bagi pekerja untuk melakukan batasan waktu ini. Batasan ini akan membuat kehidupan kalian lebih balance, lho. Boleh-boleh saja bekerja keras, tapi kesehatan fisik dan psikismu juga penting untuk dijaga.

Batasan beban kerja

Setiap pekerja seharusnya memperhatikan jenis batasan satu ini. Pasalnya, beban kerja yang tidak sesuai bisa menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan bagi mereka sendiri. Beban kerja yang terlalu banyak akan berpengaruh ke kesehatan mental dan fisik. Tolak dengan sopan jika kapasitasmu mengerjakan tugas sudah full. Jika kamu memaksakan diri, bisa-bisa tugas itu tidak akan selesai dengan maksimal. Ditambah lagi kesehatan ikut terganggu. Untuk itu, buat batasan beban kerja se-balance mungkin ya.

Sekian artikel tentang Batasan yang harus ada di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar