Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Beda Psikologi Soshum Vs Psikologi Saintek
Siker.id | 24 Jan 2022 14:40


Bagikan ke
Bedanya psikologi soshum dan psikologi saintek. (siker)

siker.id - Jurusan psikologi sangat diincar atau sering dicari bagi calon mahasiswa seluruh indonesia. Sebelumnya itu kita terlebih dahulu mengetahui apa sih definisi ilmu psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kedisiplinan yang dimana mengenai pikiran, mental, sekaligus perilaku manusia. Nah sikers, program studi psikologi ini dibagi menjadi dua lho yakni Psikologi rumpun soshum dan Psikologi rumpun saintek. Jurusan ini pada dasarnya meneliti tentang alur pemikiran manusia, serta alasan pemikiran tersebut, dan berbagai macam tindakan manusia. Psikologi memang biasanya lebih dominan atau mayoritas dimasukkan ke rumpun soshum. Psikologi soshum adalah psikologi yang masuk ke rumpun ilmu soshum yang akan lebih mengarah kepada penekanan pembelajaran di mata kuliah soshum yakni sosial humaniora. Psikologi soshum sendiri lebih dominan kepada aplikasi gejala sosial. Akan tetapi, nantinya sikers juga belajar mengenai ilmu sains walaupun sebenarnya tidak sedetail sikers yang mengambil jurusan psikologi saintek. Para calon mahasiswa pasti bingung nih kira-kira milih yang rumpun saintek atau soshum yaa? Yuk sikers kenali dahulu sebelum memilih! Berikut ini perbandingan antara psikologi rumpun saintek dan soshum:

Baca juga: Apa Saja Alasan Memilih Jurusan Psikologi?

1. Psikologi soshum akan menekankan materi pembelajaran dari sosial humaniora dan dapat mengaplikasikan pada gejala sosial. Adapun beberapa mata kuliah pada psikologi soshum adalah psikologi industri dan organisasi, psikologi pendidikan dan olahraga, psikologi keluarga, psikologi remaja, psikologi perilaku sosial, psikologi polik, dan lain sebagainya.

2. Psikologi saintek akan menekankan materi pembelajaran dari sains dan medis. Namun, tetap belajar mengenai ilmu sosial dan humaniora. Adapun beberapa mata kuliah pada psikologi saintek yakni bio psikologi, neuro psikologi, konsep teknologi, psikodiagnostika, psikologikesehatan, psikologi klinis, psikologi eksperimen, dan lain sebagainya.

Baca juga: Simak ! Prospek Kerja Psikologi Klinis

Perbedaan inilah yang dapat dijadikan acuan kalian dalam memilih jurusan psikologi. Ternyata, tidak sedikit kampus memang memasukkan program studi psikologi ini pada rumpun soshum. Akan tetapi, anak ipa juga memiliki peluang masuk yang sama dengan anak ips bisa melalui ujian sbmptn IPC atau test campuran (materi dari rumpun saintek + rumpun soshum) bahkan bisa juga mengikuti tes rumpun soshum (materinya hanya dari soshum saja). Adapun kampus yang menawarkan jurusan psikologi saintek seperti universitas andalas, sriwijaya, padjadjaran, dan lain sebagainya. Adapula kampus yang menawarkan jurusan psikologi soshum misalnya universitas indonesia, gadjah mada, airlangga,brawijaya, dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang perbedaan psikologi saintek dan psikologi soshum. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar