Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Menabung dengan Mengatur Gaji Bulanan
Siker.id | 24 Jan 2022 09:30


Bagikan ke
Menabung dengan mengatur gaji bulanan. (siker)

siker.id - Saat memasuki dunia kerja dan ketika kita menjalankan pekerjaan tersebut dengan kerja keras pastinya kita akan mendapatkan upah yang sering disebut gaji bulanan bahkan bisa juga mendapatkan tunjangan. Terkadang, pencairan gaji bulanan itu di tiap perusahaan di seluruh indonesia tentunya waktu pencairannya akan berbeda-beda. Adapula tipe pencairan gajian bulanan seperti mungkin bisa jadi gaji bulanan langsung di serahkan di kantor ataupun tidak sedikit di transfer melalui rekening masing-masing pekerja. Pastinya saat pekerja menerima gaji bulanan akan memplaningkan sesuatu seperti belanja bulan, membayar kebutuhan rumah, sekaligus kebutuhan keluarga. Akan tetapi saat kita menerima gaji bulanan jangan sampai gaji tersebut tidak dipergunakan dengan baik seperti berfoya-foya misalnya, membeli barang idaman. Nah sikers, kita bisa lho menyisihkan kurang lebih 20% dari gaji bulanan lalu bisa Anda tabung ataupun bisa di investasikan misalnya di belikan kalung emas, gelang emas yang nantinya akan disimpan untuk kebutuhan di kemudian hari. Berikut ini beberapa tips menabung dengan mengatur gaji bulanan:

Baca juga: Berikut 5 Hal yang Membuat Gagal Menabung

Susunlah anggaran bulanan

Salah satu cara untuk mengatur gaji bulanan dengan melakukan langkah pertama yakni membuat rekapan dalam satu bulan. Setelah menerima pendapatan berupa gaji, segera membuat daftar pengeluaran sekalipun alokasi keuangan. Setiap bulan saat Anda menerima gaji, dapat membaginya untuk memenuhi kebutuhan seperti kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Buatlah pembagian terhadap gaji bulanan

Anda sepertinya juga perlu membuat pembagian gaji. Sehingga berapapun nominal gajinya, sikers tetap bisa menabung. Cara membagi gaji bulanan terhadap kebutuhan kita seperti yang sudah ada pada poin sebelumnya dengan menggunakan metode budgeting 50/30/20. Anda dapat menghabiskan 50% untuk memenuhi kebutuhan primer, 30% untuk sekunder dan tersier, dan akhirnya 20% sisanya bisa untuk menabung.

Baca juga: Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru

Awasilah setiap pengeluaran

Anda juga bisa mengatur gaji bulanan dengan cara mengawasi setiap pengeluaran. Walaupun sikers sudah membagi gaji bulanan dalam beberapa alokasi tetapi, tidak kalah penting untuk mencatat setiap pengeluaran.Hal ini bertujuan untuk mengawasi dan mengevaluasi pengeluaran bulanan. Ketika di akhir bulan nanti, Anda bisa mengevaluasi jenis pengeluaran apa saja yang tidak begitu penting. Sehingga dibulan selanjutnya sikers bisa memperkirakan atau bisa menahan diri untuk membeli barang sejenis.

Sekian artikel tentang tips menabung dengan mengatur gaji bulanan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Meminta Kenaikan Gaji yang Sopan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar