Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Menghadapi Rekan Kerja Penjilat
Siker.id | 24 Jan 2022 10:00


Bagikan ke
Menghadapi rekan kerja penjilat. (siker)

siker.id - Punya teman kerja penjilat itu sangat menyebalkan, ya? Si penjilat biasanya gak sekadar hobi memamerkan diri, tapi juga tak segan menjatuhkan orang lain hanya demi memperoleh pujian semata. Nah, kalau kamu punya rekan kerja yang bersifat penjilat, baiknya tetap berusahalah untuk tenang. Penjilat bukan berarti tak bisa diatasi, kok! Berikut tips-tips menghadapi rekan kerja ‘penjiat’ agar kehidupan kerjamu lebih baik lagi!

Baca juga: Berikut 5 Ciri Lingkungan Kerja yang Positif

Jangan Terlalu Didekati

Bila Anda tidak ingin sakit hati atau merasa kesal, baiknya sih jangan terlalu mendekati rekan kerja yang suka cari muka. Maksudnya, Anda jangan berusaha menjadikan ia teman atau sahabat, cukup jadi patner kerja saja. Sebisa mungkin hindari berurusan dengan dia. Namun bukan berarti Anda harus membencinya, ya!

Jangan Mudah Tertipu dengan Sikap Manisnya

Orang bermuka dua itu biasanya sikapnya suka berubah-ubah. Terkadang menyebalkan, tiba-tiba jadi manis sekali. Nah, saat Anda menghadapi rekan kerja yang begitu, jangan mudah tertipu. Anda harus jeli dan waspada. Sekalipun dia tampak sangat baik, sebaiknya jangan langsung menilai dia telah berubah.

Tidak Perlu Emosi, Bersikaplah Elegan

Tips selanjutnya untuk menghadapi rekan kerja yang suka cari muka yakni dengan mengendalikan emosi. Jangan mudah terpancing karena sikapnya yang menyebalkan. Bila dia menjelekkan Anda, maka hadapi dengan sikap santai dan elegan. Anda tidak perlu mengklarifikasi ucapannya dengan marah-marah, atau berusaha menjelaskan ke semua orang bahwa itu tidak benar. Cukup buktikan dengan tindakan bahwa Anda bukan seperti apa yang ia bicarakan.

Baca juga: 5 Tips Agar Pendapat Didengar Rekan Kerja

Fokus pada pekerjaanmu

Cara paling ampuh untuk menghadapi rekan kerja penjilat adalah dengan benar-benar fokus pada pekerjaanmu saja. Ketika mereka sibuk mencari cara baru untuk menjilat atasan, kamu bisa menyibukkan diri dengan menyelesaikan pekerjaan, menjadi proaktif di kantor, dan masih banyak lagi. Saat sedang performance review, sudah terlihat jelas mana yang memiliki performa lebih baik, kan?

Memuji hasil kerjanya

Salah satu alasan seseorang terbiasa menjilat adalah karena merasa mereka membutuhkan validasi secara terus-menerus. Salah satu cara untuk menghadapi teman kantor penjilat adalah dengan memberikan pujian dan memvalidasi hasil kerjanya. Misalnya, “Kontribusimu juga cukup berpengaruh, lho. Menurut saya, semua orang yang memberikan bantuan dalam proyek ini patut diberi apresiasi”. Akan tetapi, kalau memang orang lain yang mengerjakan dan rekan kerja yang gemar menjilat ini mengambil kredit untuk pekerjaan orang lain, usahakan untuk menyadarkannya secara halus.

Sekian artikel tentang tips menghadapi rekan kerja penjilat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH


Editor: Theo Adi -

     

Komentar