Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Cara Menegur Atasan secara Sopan
Siker.id | 21 Jan 2022 20:20


Bagikan ke
Cara menegur atasan secara sopan. (siker)

siker.id - Merasa perilaku atasan sudah keterlaluan, tapi bingung mencari cara menegur atasan yang aman dan sopan? Tenang, kamu tidak akan dianggap lancang jika bisa mengenali bagaimana saja cara yang tepat untuk menegur seorang bos. Berikut cara menegur atasan secara baik-baik!

Baca juga: Berikut Tips Supaya Tidak Kena Marah Atasan

Bicara Berdua

Minta waktu khusus dengan bos, untuk berbicara berdua saja. Mengumbar kesalahannya di depan orang lain dalam rapat sama sekali tidak dianjurkan. Jangan pernah membuat bos terlihat bodoh atau buruk di depan orang lain.

Berbekal Fakta

Buat persiapan, tentukan hal-hal kunci atau paling penting yang menurut Anda perlu didiskusikan. Kumpulkan berbagai fakta dan dokumen penting yang mendukung. Persiapkan ide-ide atau alternatif solusi yang bisa memperbaiki ide-ide bos. Dengan demikian, ketika dia "menantang" dengan ide-ide lebih baik, Anda tidak gelagapan dan menunjukkan Anda hanya jago bicara belaka. Selain itu, jika siap dengan ide, dia akan melihat Anda memiliki komitmen untuk menolongnya dan bersikap profesional.

Fokus Pada Masalah

Untuk memulai pembicaraan, katakan bahwa Anda sudah memahami pendapat atau arahannya, dengan menyebutkannya secara pasti apa saja poin yang pernah disampaikannya. Jika dia mengiyakan, giliran Anda mengemukakan pendapat dengan alasan untuk memperkuat target yang diharapkannya. Mungkin akan terjadi adu argumen setelahnya. Karenanya, berusahalah tetap fokus pada masalah, fakta, dan bersikap tenang.

Baca juga: Bagaimana Agar Bisa Dekat Dengan Atasan?

Cari Waktu Yang Tepat

Jangan memilih sembarang momen untuk menegur atasan. Kamu sendiri tidak mau kan ditegur rekan kerja saat lagi makan siang? Atau bahkan pas baru sampai kantor dan bersiap kerja? Coba cari waktu yang tepat untuk menegur atasanmu. Jangan sampai kamu menegur sikap Bos yang keterlaluan ketika ia sedang banyak pikiran. Malah kamu sendiri nanti yang kena semprot. Yang kamu harus lakukan adalah pastikan situasi dan tentukan saat terbaik.

Hargai Atasan

Tunjukkan sikap yang menghargai. Meskipun atasan kamu menghiraukanmu, tetap tunjukkan sikap yang hormat dan sopan. Jangan gunakan kritik yang menjatuhkan, atau melontarkan kata-kata yang tidak pantas. Bagaimanapun ia tetaplah atasan kamu. Pikirkan saja kembali bahwa semua orang bisa keliru. Kesalahan itu wajar dan sangat manusiawi. Berikan empati. Karena akan tiba suatu saat ketika kamu yang akan menjadi bos. Ingin jugakan untuk dihargai karyawan kamu sendiri? Yuk, saling menghargai!

Sekian artikel tentang tips cara menegur atasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Atasan Yang Otoriter?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar