Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Memulai Usaha Tambang Batubara
Siker.id | 21 Jan 2022 15:10


Bagikan ke
Tips memulai usaha tambang batubara. (siker)

siker.id - Usaha tambang batubara adalah salah satu jenis usaha atau bisnis yang dapat memberikan efek positif seperti keuntungan yang melimpah. Tak sedikit orang akan tergiur untuk memulai usaha ini. Namun, untuk memulainya sikers perlu tahu nih bagaimana caranya memulai usaha tambang tersebut yang tentunya aman juga resmi. Batubara adalah sumber energi yang diatur oleh undang-undang pertambangan, sehingga ketika kita menjalankan usaha ini mendapatkan ijin. Berikut beberapa tips memulai usaha tambang batubara:

Baca juga: Berikut Bisnis Modal Kecil Buat Pemula

1. Pastikan bahwa usaha yang akan dijalan tidak ada kaitannya dengan kegiatan tambang minyak bumi maupun gas. Karena sektor ini berkaitan erat dengan kepemilikian asing.

2. Tentukanlah aktivitas usaha yang dijalani tersebut termasuk usaha tipe non-core atau tipe usaha core. Usaha tipe core berarti kegiatan yang mungkin akan melakukan eksplorasi, investigasi publik, reklamasi, konstruksi tambang, dan lain sebagainya. Sebaliknya, kalau usaha tipe non core melakukan aktivitas lainnya yang tidak termasuk pada usaha core.

3. Pilihlah perusahaan yang akan Anda jalankan tersebut harus termasuk perusahaan PT PMA atau Perusahaan penamaan modal asing. Sikers juga akan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

4. Kumpulkanlah semua berkas yang dibutuhkan lalu menyerahkan berkas tersebut pada Direktorat Jendral Mineral dan Batubara. Kemudian yang perlu di garis bawahi dan di sadari adalah tahap ini sangatlah penting namun juga, jangan sampai mengalami kendala seperti kesalahan saat ingin mendapatkan lisensi.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula

5. Tentukan jenis lisensi yang dapat Anda pilih. Perlu dimengerti, bahwa ada dua jenis lisensi yang bisa kalian pilih yakni izin usaha jasa pertambangan (IUJP) dan surat keterangan terdaftar (SKT).

6. Ikutilah proses tender dari awal hingga selesai yang nantinya untuk menentukan apakah Anda berhak terhadap lokasi tambang tertentu. Yang berhak menjalankan prosedur ini adalah hanya pemerintah. Ketika sikers sudah mendapatkan izin atau hak, Anda bisa memperoleh IUP. Akhirnya, usaha tambang batubara bisa dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Selain informasi diatas, adapula hal-hal lain yang perlu diketahui antara lain tata cara pemberian wilayah, perizinan, pelaporan untuk kegiatan usaha pertambangan mineral batubara ini telah diatur pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020.

Sekian artikel tentang tips memulai usaha tambang batu bara. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar