Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Gunakan Cara ini Bisa Lulus Kuliah 3,5 Tahun
Siker.id | 21 Jan 2022 12:00


Bagikan ke
Tips bisa lulus kuliah 3,5 tahun. (siker)

siker.id - Saat kita mulai memasuki dunia perkuliahan, tentunya sudah tidak asing lagi dong guys dengan kata-kata skripsi ataupun kadang yang sering disebut dengan tugas akhir. Terkhusus bagi mahasiswa semester 3 ke atas bahkan mahasiswa tingkat akhir,skripsi itu bagi mereka suatu hal yang terkadang menghantui sekalipun memberi rasa takut pada mereka. ”Tidak lulus tepat waktu” kata-kata sesimple tersebut dapat membuat para mahasiswa khawatir saat mereka skripsi nanti seperti apa atau bahkan salah satu dari mereka belum mendapatkan gambaran gimana sih,bisa ngga sih lulus kuliah 3,5 tahun aja? Terkadang bagi mahasiswa baru sudah panik dengan skripsi? Berikut ini beberapa cara agar lulus kuliah 3,5 tahun:

Baca juga: 5 keuntungan Bila Memilih Jurusan Manajemen

Pahami Aturan Kuliah

Memiliki Pemahaman terhadap aturan kuliah merupakan bagian terpenting untuk bisa mewujudkan target kalian lulus kuliah 3,5 tahun.Saat memasuki masa orientasi mahasiswa baru,tentunya pihak kampus akan memberi tau bahwa akan dibagikan buku panduan kuliah yang mencakup tentang aturan perkuliahan termasuk mata kuliah yang dapat di ambil tiap semester.

Buatlah Target IPK tiap semester

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan nilai kumulatif yang di peroleh mahasiswa dalam satu semester.Sistem pendidikan di indonesia menetapkan IPK dengan skala maksimal 4.0.Besar IPK tersebut berbanding lurus dengan mata kuliah yang di ambil yang berarti semakin besar nilai IPK,maka semakin banyak pula mata kuliah yang bisa di ambil.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Jurusan Teknik Komputer

Menyusun Rencana Studi

Yang perlu di perhatikan agar Anda dapat lulus kuliah dengan rentang waktu 3,5 tahun salah satunya adalah menyusun rencana studi.Tips penyusunanya,sikers bisa membaginya ke dalam tiap semester.Tulis mata kuliah yang akan di ambil dalam setiap semester.Lalu saat kalian kuliah dari semester 1 sampai semester 8 bisa di tambahkan skill seperti mengikuti organisasi,lomba,menjadi asisten dosen,dan lain sebagainya.Selanjutnya rencana studi bisa di konsultasikan kepada dosen pembimbing (DOSPEM).

Menghindari Mengulang Mata Kuliah

Mengulang mata kuliah dapat menjadi penghambat bagi mahasiswa untuk dapat lulus 3,5 tahun.Maka dari itu sebelum Anda skripsi,buatlah sistem belajar kalian senyaman mungkin atau bahkan carilah relasi yang bisa mendukung ipk kita menjadi naik.Dan pastikan sikers benar-benar mempelajari setiap materi yang ada termasuk saat ujian maupun semesteran.

Sekian artikel tentang tips lulus kuliah 3,5 tahun. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jenjang Karir Jurusan Sastra Inggris yang Menjanjikan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar