Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Keuntungan Bekerja Secara Remote
Siker.id | 20 Jan 2022 09:45


Bagikan ke
Keuntungan bekerja secara remote. (siker)

siker.id - Menurut sebuah penelitian di Amerika, terlalu lama bekerja di dalam ruangan dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan risiko kematian sebesar 40 persen. Mengapa bisa begitu? Ini tak lepas dari sifat dasar manusia yang dinamis, dan tak mungkin terus dikekang dalam suatu ruangan. Penelitian di atas kemudian menjadi salah satu pemicu lahirnya pola kerja baru, yaitu: kerja remote. Berbeda dengan pola kerja pada umumnya, kerja remote cenderung memberikan kebebasan bagi pekerjanya untuk bekerja di mana pun. Pola kerja remote sendiri sudah mulai dipraktikkan oleh sejumlah perusahaan. Berikut beberapa keuntungan kerja remote!

Baca juga: Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working

Irit biaya

Dengan menerapkan kebijakan remote work, perusahaan tidak perlu lagi menanggung biaya transportasi pekerjanya. Perusahaan juga tidak perlu menyewa banyak ruang di sebuah perkantoran untuk menempatkan pekerjanya serta membeli banyak peralatan kerja, seperti meja, kursi, atau pengeluaran esensial lainnya seperti listrik dan biaya berlangganan internet.

Permudah rekrutmen

Ada kalanya, perusahaan sulit menemukan kandidat yang siap untuk datang ke kantor dan tepat untuk mengisi celah keterampilan yang ada. Terkadang, kandidat yang memenuhi kualifikasi dan kebutuhan malah tinggal di kota lain yang memiliki jarak yang cukup jauh dari kantor. Dengan menerapkan kebijakan kerja jarak jauh, bukan hal yang tidak mungkin bagi perusahaan untuk bisa merekrut kandidat yang memiliki kualifikasi dan memenuhi kebutuhan perusahaan walaupun kandidat tersebut tinggal jauh dari kantor perusahaan.

Kepuasan bekerja

Perusahaan dapat meningkatkan tingkat kepuasan pekerjanya dengan menerapkan kebijakan bekerja jarak jauh. Lewat kebijakan ini, pekerja bisa lebih leluasa dalam mempergunakan waktunya dan mencari tempat terbaiknya untuk tetap produktif dan menghasilkan hasil pekerjaan yang efektif. Tingginya tingkat kepuasan pekerja juga bisa meningkatkan angka retensi pekerja dan meningkatkan angka produktivitas yang dimiliki pekerja.

Baca juga: Simak ! Keuntungan Kerja WFH

Meningkatkan Produktivitas

Bekerja di kantor akan rentan menurunkan produktivitas kita. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut. Politik kantor; teman kantor yang terlalu berisik; macet saat hendak ke kantor; dan lain sebagainya. Ini tak akan kamu alami jika nanti kamu melakukan kerja remote. Kerja remote bakal membuatmu terhindar dari segala distraksi negatif di kantor. Ini bakal membuatmu lebih fokus untuk bekerja. Dan tentu saja, produktivitasmu akan meningkat.

Lebih Mudah Mendapatkan Udara Segar

Saat kamu kerja di kantor, kamu mungkin bakal mendapatkan udara dari AC. Sayangnya, udara dari AC agak kurang sehat, sehingga tak baik bila kamu terus-menerus menghirupnya. Nah, sebagai gantinya, kamu bisa melakukan kerja remote di luar kantor atau di luar ruangan. Kerja remote di luar ruangan akan membuatmu mendapatkan udara segar yang banyak. Apalagi, jika melakukannya di dekat area ruang terbuka hijau yang banyak pepohonannya.

Sekian artikel tentang keuntungan kerja secara remote. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar