Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Alasan Pentingnya Memiliki Sikap Adaptif
Siker.id | 17 Jan 2022 15:55


Bagikan ke
Alasan pentingnya kita memiliki sikap adaptif. (siker)

siker.id - Sebagai makhluk sosial, dalam menjalani hidup pasti akan dikelilingi oleh orang dengan sifat dan karakter yang berbeda. Entah mereka yang berwatak keras atau pendiam, yang memiliki sifat tulus maupun tidak tulus, serta berbagai sikap dan karakter lain. Berada dalam situasi yang demikian, mau tidak mau kita harus tumbuh menjadi orang yang bisa menempatkan diri dengan cermat yang dalam Bahasa lainnya mampu menjadi orang yang adaptif. Penyesuaian diri ini sangat diperlukan mengingat perubahan lingkungan yang serba cepat dan tak tentu arahnya. Berikut ini alasan mengapa kita perlu menjadi orang yang memiliki sikap adaptif.

Baca juga: Berikut 5 Tantangan Fresh Graduate Menentukan Karir

1. Seiring berjalannya waktu, keadaan pasti berubah

Tak ada yang bersifat tetap di dunia ini. Baik pekerjaan maupun masalah keuangan, semuanya pasti akan berubah dengan sendirinya tergantung bagaimana Anda memperlakukannya. Selain itu, masalah setiap orang pasti akan berbeda tergantung usia mereka. Kemampuan adaptasi akan membantumu dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang begitu pelik tersebut. Oleh karena itu, jangan pernah menolak jika dihadapkan dengan sesuatu yang baru.

2. Ada milyaran orang di dunia ini yang memiliki sifat berbeda-beda

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Di dunia ini, terdapat milyaran orang yang bisa saja menjadi temanmu jika dirimu pandai bergaul. Memiliki kemampuan adaptasi yang cukup mumpuni akan sangat membantumu dalam mencari relasi sebanyak-banyaknya. Semuanya pasti akan berjalan dengan mudah jika Anda bisa berkenalan baik dengan orang lain, apalagi jika dia merupakan orang penting.

3. Akan membantumu dalam mengasah kemampuan bertahan hidup

Tidak yang tak setuju bahwa hidup di dunia ini pasti membutuhkan materi. Bersikaplah realistis bahwa kamu tidak akan bisa makan jika tidak mencari uang. Dengan sikap adaptif yang Anda miliki, hal itu akan sangat membantumu dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Anda memiliki poin plus untuk bisa menghadapi segala situasi dengan mudah. Tidak ada salahnya untuk melatih kemampuan adaptasi karena hal tersebut tak ada dampak buruknya.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Dilema Dalam Menentukan Karir

4. Adakalanya Anda memasuki lingkungan baru

Setiap dari kita tentu ingin mengembangkan diri menjadi seseorang yang lebih baik daripada sebelumnya. Salah satu cara yang dipilih untuk menempa diri menjadi manusia yang berkualitas yaitu dengan merantau. Menjadi anak rantau, otomatis Anda harus menghadapi tantangan di lingkungan baru. Memasuki lingkungan baru, tentu Anda akan dihadapkan dengan beragam perbedaan. Dengan menjadi orang yang adaptif, Anda bisa dengan mudah bergaul dan membaur dengan segala perbedaan yang ada.

5. Anda mampu menempatkan diri secara tepat

Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam kehidupan bermasyarakat adalah terkait bagaimana menempatkan diri. Salah sedikit saja dalam bersifat, tentu nama baik yang akan dipertaruhkan. Bahkan bisa jadi orang-orang akan menilaimu sebagai sosok yang tidak mengenal etika. Meskipun begitu, hal ini dapat diatasi dengan terus belajar menjadi manusia yang adaptif. Tumbuh menjadi sosok yang pandai menyesuaikan diri, Anda bisa menempatkan diri secara tepat di lingkungan masyarakat.

Sekian artikel tentang alasan harus menjadi orang yang bersikap adaptif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengubah Hobi Menjadi Karir


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar