Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Jenis Software yang Membantu Tugas HRD
Siker.id | 17 Jan 2022 14:15


Bagikan ke
Software yang membantu tugas hrd. (siker)

siker.id - Saat ini kebutuhan akan software HR untuk perusahaan semakin meningkat terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Dalam pengelolaan data karyawan atau sistem informasi kepegawaian secara online dibutuhkan untuk membantu memaksimalkan proses bisnis khususnya dalam pengelolaan HRIS (Human Resource Information System). Selain fitur rekrutmen online karyawan, absensi karyawan online merupakan beberapa fitur yang bisa menjadi solusi perusahaan dalam pengelolaan karyawan baik itu calon karyawan dan pengelolaan presensi karyawan. Berikut ini beberapa jenis software yang bisa membantu dalam tugas seorang hrd dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Berikut 5 Software Akuntansi yang Dipakai Perusahaan

Software Absensi

Teknologi yang berkembang begitu pesat mendorong lahirnya software yang bisa diakses melalui smartphone. Salah satunya adalah apikasi absensi via smartphone. Aplikasi ini sangat memudahkan tugas tim personalia dalam mengolah berbagai data terkait kegiatan absensi para karyawan. Dengan ini, tim personalia juga dapat memantau laporan absensi melalui smartphone. Hal ini tentu saja sangat praktis karena Anda bisa mengakses data kapanpun Anda inginkan secara mobile. Pengunaan aplikasi ini juga akan menguntungkan bagi para karyawan. Sebab, para karyawan dapat melakukan scan absensi dan mengajukan izin melalui ponsel pintar yang dimilikinya.

Software Personalia dan Penggajian

Software personalia dan penggajian juga menjadi salah satu aplikasi yang sangat membantu tugas HRD di sebuah perusahaan. Dengan adanya software ini, tim HRD bisa lebih mudah dalam mengelola jam kerja para karyawan, melakukan pembagian status karyawan, serta memudahkan dalam pengaturan cuti karyawan. Semua proses tersebut bisa dikelola secara lebih profesional. Dengan hadirnya aplikasi ini, tim HR bisa lebih mudah memantau kehadiran para karyawan dan juga mengevaluasi kinerja mereka.

Software Layanan Cloud

Saat ini teknologi cloud menjadi salah satu kebutuhan yang paling krusial dalam dunia usaha. Pasalnya, teknologi ini memiliki efisiensi biaya dan juga fleksibilitas pengaksesan data. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk mengunduh, mengunggah, mengubah, maupun menyingkronkan data secara otomatis. Seluruh data yang terdapat pada aplikasi berbasis cloud juga telah terintegrasi dengan baik. Aplikasi ini yang jelas sangat berguna bagi tim personalia. Dengan memanfaatkan software yang berbasis cloud, Anda bisa lebih mudah dalam mengakses ataupun menyingkronkan data karyawan pada mesin absensi secara otomatis.

Baca juga: Aplikasi Sistem KPI Wajib Digunakan Perusahaan, Baca Ini !

Software Payroll

Software payroll adalah software penggajian karyawan yang cukup populer beberapa waktu belakangan ini. Software payroll adalah software yang bisa dipilih untuk memudahkan kinerja HRD sehingga untuk masalah penggajian yang rumit bisa di handle dengan baik. Masalah penggajian karyawan ini sangat tergantung dengan potongan dan absensi karyawan sehingga sistem payroll harus terintegrasi dengan software absensi online. Software payroll ini memudahkan HRD setiap bulannya apalagi untuk mengurus penggajian karyawan yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan karyawan akan cukup rumit.

Software Meeting Online

HRD pastinya banyak memiliki agenda rapat baik dengan atasan maupun dengan karyawan perusahaan untuk berkoordinasi untuk masalah pekerjaan. Di masa pandemi ini, untuk memudahkan rapat kerja ada software meeting online yang membantu HRD untuk tetap bisa meeting dengan siapa saja dengan mudah. Beberapa jenis software meeting yang bisa dimanfaatkan adalah zoom dan google meet. Meeting masalah masalah kerja dan karyawan pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sekian artikel tentang jenis software yang membantu tugas hrd. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Seorang HRD Profesional


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

TAG :

Komentar