Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 5 Kekurangan Bekerja Dari Rumah
Siker.id | 16 Jan 2022 16:45


Bagikan ke
Kekurangan bila kita bekerja dari rumah. (siker)

siker.id - Bekerja di rumah bisa menjadi bagian yang menarik dari suatu karier. Ini menghilangkan beberapa aspek pekerjaan yang dirasa tidak menyenangkan, seperti berpakaian rapi, menghabiskan waktu di jalan, interaksi yang tidak menyenangkan dengan sesama karyawan, dan masih banyak lagi. Di sisi lain, kerja di rumah juga memiliki beberapa potensi kerugian, entah disadari atau tidak. Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca juga: Apa Resikonya Jika Bekerja Sebagai Freelancer?

Jam Kerja Kacau

Bila kamu tidak hati-hati, bekerja dari rumah bisa membuatmu selalu merasa sedang berada di tempat kerja. Hal ini justru bisa mengacaukan kehidupan berkeluarga yang selama ini baik-baik saja. Maka dari itu, penting untuk tetap mengatur kapan waktu untuk bekerja, kapan beristirahat dan lainnya. Anda harus profesional. Ada baiknya Anda memiliki ruang kerja sendiri yang tidak boleh dimasuki oleh anggota keluarga lain saat sedang jam kerja sehingga kamu bisa fokus.

Merasa Terasing dari Kehidupan Sosial

Salah satu alasan besar mengapa orang bekerja, selain butuh uang, adalah kebutuhan untuk berinteraksi dengan manusia lain. Komunikasi online baik lewat messenger, Skype, dan lainnya tidak akan bisa menggantikan wujud langsung seseorang untuk diajak bicara. Maka dari itu, penting untuk tetap melakukan kelas atau training agar tetap berkomunikasi dengan manusia lain. Tidak ada salahnya juga melakukan rapat langsung dengan rekan kerja. Hal ini tak hanya baik untuk kesehatan mentalmu namun juga menunjukkan bahwa kamu masih anggota penting bagi tim.

Menjadi Kurang Kompetitif

Meski lingkungan kerja bisa saja menyebalkan, di sisi lain bisa juga hal tersebut menjadi cambuk bagi diri kita untuk terus menjadi lebih baik. Misalnya, kamu bisa meniru sifat baik dan semangat kerja rekan kerjamu atau hal lainnya. Dengan bekerja dari jarak jauh dan sendirian, hal-hal tersebut tidak bisa Anda dapatkan. Maka dari itu, penting untuk tetap mengadakan pertemuan-pertemuan dengan rekan kerjamu ya.

Baca juga: Berikut Perbedaan WFH dan Remote Working

Kurangnya komunitas dan kerja tim

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain untuk berinteraksi setiap harinya. Begitu pula dalam hal bekerja, banyak orang lebih mampu atau suka bekerja bersama orang lain daripada bekerja sendiri. Memang, beberapa orang lebih suka bekerja sendiri, baik di kantor maupun di rumah. Namun, beberapa lainnya merasa sangat sulit. Menghabiskan waktu berjam-jam berpikir sendiri atau berkolaborasi hanya dengan layar komputer tanpa tatap muka langsung dapat menjadi tantangan.

Kurangnya motivasi

Motivasi mendorong orang untuk berusaha dan mencapai tujuan mereka. Motivasi dapat hilang dengan sangat mudah ketika seseorang ditempatkan di tempat dan waktu yang salah. Bekerja di kantor dengan sesama karyawan dengan tujuan yang sama atau mengobrol dengan sesama karyawan bisa menjadi sumber motivasi eksternal yang bagus. Sedangkan, lingkungan rumah tidak memberikan Anda motivasi semacam ini. Kurangnya motivasi dapat mempengaruhi produktivitas karyawan. Beberapa orang cukup mampu memotivasi diri sendiri, tetapi ini hanya bekerja sampai batas tertentu dan tidak selalu cukup untuk membuat seorang terus maju.

Sekian artikel tentang kekurangan dari bekerja dirumah. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Simak ! Keuntungan Kerja WFH


Editor: Theo Adi -

     

Komentar