Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Menghadapi Atasan yang Menyebalkan
Siker.id | 14 Jan 2022 19:30


Bagikan ke
Tips menghadapi atasan yang menyebalkan. (siker)

siker.id - Bekerja sebagai karyawan terkadang memang membosankan dan memiliki banyak keterbatasan. Lingkungan yang melibatkan banyak orang membuat Anda harus berinteraksi dengan rekan kerja, junior, dan atasan dengan sifat yang berbeda-beda. Bila memiliki bos yang seru dan berpikiran terbuka, Anda tentu akan banyak belajar dan merasa bersemangat untuk bekerja. Namun bila sial memiliki atasan yang menyebalkan dan seenaknya, Anda harus menahan sabar untuk terus bertahan. Berikut tips menghadapi atasan yang menyebalkan:

Baca juga: Berikut 5 Tips Membuat Makin Betah di Tempat Kerja

1. Komunikasi

Jika bos berperilaku kurang menyenangkan, seperti bertindak semaunya, tidak mau mengerti perasaan karyawan, atau bahkan bersikap kasar, komunikasi menjadi hal penting yang harus dilakukan. Tak ada salahnya mencari momen spesial dan berbicara baik-baik saat atasan berada dalam suasana hati yang cukup baik.

2. Berikan Alternatif Pilihan

Jika bos bersikap menyebalkan karena tidak mampu mengambil keputusan yang menentukan nasib suatu perusahaan, Anda disarankan untuk membantu atasan memberikan alternatif pilihan dengan cara mendiskusikannya. Berikan alasan tepat mengapa keputusan itu sangat penting untuk dipertimbangkan sehingga nasib para karyawan tidak ikut terombang-ambing.

3. Lakukan Pendekatan

Atasan bisa bersikap menyebalkan karena mungkin anak buahnya yang kurang memahami, ataupun sebaliknya. Maka dari itu, salah satu cara menghadapinya adalah dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu. Saat jam makan siang misalnya, jangan sungkan untuk mengajaknya makan bersama atau sekadar cari waktu yang tepat untuk mengobrol topik lain di luar urusan pekerjaan.

Baca juga: Berikut 5 Hal yang Patut Disyukuri di Tempat Kerja

4. Buat Kehadiranmu Disadari Lingkungan

Nggak hanya sebatas bertemu dengan orang lain, kamu juga perlu membuat kehadiranmu disadari oleh lingkungan di perusahaanmu. Semakin banyak rekan kerja yang mengenalmu, maka suara dan ide-ide yang Anda sampaikan akan lebih didengar dan dipertimbangkan. Selain menambah pengalaman, bersikap aktif dan inisiatif dapat membuat status pekerjaanmu semakin meningkat di hadapan perusahaan.

5. Selesaikan Tugas Dengan Baik

Sebelum melakukan protes, sebaiknya evaluasi diri terlebih dahulu menjadi cara yang bijaksana. Apakah Anda sudah bertanggung jawab untuk menyelesaikan seluruh tugas? Jangan sampai kamu justru mendapat cap buruk dan dianggap menyalahkan orang lain atas kecerobohanmu. Membuktikan dengan prestasi pekerjaan merupakan cara balas dendam yang halus.

Sekian artikel tentang tips menghadapi atasan yang menyebalkan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Masalah di Tempat Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar