Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Software Akuntansi yang Dipakai Perusahaan
Siker.id | 14 Jan 2022 14:15


Bagikan ke
Software akuntansi yang dipakai perusahaan. (siker)

siker.id - Aplikasi akunting sepertinya sudah menjadi sebuah perangkat yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat, baik pebisnis maupun umum. Aplikasi pembukuan atau akunting bisa mempermudah pengelolaan serta meningkatkan keakuratan data keuangan. Selain itu, aplikasi ini mampu menyediakan laporan keuangan realtime, sehingga berperan penting dalam pengambilan keputusan finansial yang lebih baik. Saat ini, aplikasi keuangan atau akunting hadir dalam banyak pilihan sistem dan biaya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Anda bisa memilih aplikasi keuangan online atau offline, dan aplikasi berbayar atau gratis, biasanya aplikasi tersebut dilengkapi fitur-fitur canggih. Berikut beberapa software akunting yang biasa dipakai dalam perusahaan.

Baca juga: Pentingnya Akuntan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Zahir Accounting

Zahair Accounting menjadi salah satu daftar software akuntansi terbaik yang seringk digunakan di Indonesia berikutnya. Software ini sangat gencar dalam membangun pasarnya. Informasi dari salah satu mantan pimpinannya Dedy Rahman (Katapedia) bahwa awal-awal mengeluarkan produk ini, mereka sempat menggunakan marketing ala perang gerilya.

Accurate

Accurate menjadi salah satu software akuntansi terbaik di negeri ini. Software akuntansi ini dibangun oleh CPSoft. Software akuntansi yang diklaim mudah digunakan atau user friendly dengan tingkat akurasi yang tinggi. Fitur-fitur yang ada di Accurate akan membantu pebisnis agar semakin mudah dan menyenangkan dalam mengelola bisnis.

AbiPro

Informasi dari website Abipro menyatakan sebagai pengembang software akuntansi sejak 1985. Dua puluh lima tahun menunjukkan waktu yang sudah cukup matang untuk sebuah perusahaan software, apalagi di Indonesia di mana tahun-tahun tersebut teknologi informasi masih terbatas. Aplikasi akuntansi ini dibangun oleh sarjana yang ahli dalam bidang akuntansi dan komputer berpengalaman sehingga menjadi jaminan kualitas software akuntansi ini. Masih dari website AbiPro, bahwa AbiPro adalah sebuah sistem yang sangat lengkap dan terintegrasi sejak transaksi awal sampai laporan keuangan.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan D3 Keuangan dan Perbankan

SAP

Pelanggan SAP lebih dari 300.000 orang yang tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. SAP merupakan aplikasi akunting dari Jerman yang sudah tidak asing di berbagai perusahaan di Indonesia. Dengan S/4HANA Finance, SAP menghadirkan solusi berbasis awan serta on-premise untuk perusahaan-perusahaan besar di Indonesia menyederhanakan pengelolaan keuangannya. Fitur utama milik SAP S/4HANA Finance yaitu manajemen utang dan piutang, manajemen anggaran, membuat laporan keuangan real-time, perencanaan keuangan. Fitur utama lainnya dari S/4HANA Finance adalah manajemen kredit, EQUIP Accounting juga dilengkapi alat pelaporan yang canggih. Dengan adanya alat ini, maka perusahaan terbantu dalam memprediksi pendapatan maupun pengeluarannya di masa mendatang.

MYOB (Mind Your Own Business)

MYOB Limited Australia menjadi pihak yang pertama kali mengembangkan aplikasi akunting ini, di tahun 1991. MYOB semakin berkembang pesat, sehingga tersebar di Inggris, Kanada, Selandia Baru, Amerika, hingga sejumlah negara Asia. MYOB memiliki tampilan yang menarik, sehingga mudah dipelajari dalam waktu yang terbilang singkat. Data di MYOB bisa diexport ke program excel, jadi laporan keuangan bisa dibaca maupun dicetak dengan bentuk excel. Namun, beberapa fitur MYOB masih memakai Australian Style, termasuk perpajakannya, jadi fitur pelaporan perpajakan Indonesia belum tersedia.

Sekian artikel tentang software akuntansi yang dipakai perusahaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Manajemen Keuangan Syariah, Simak Prospek Kerjanya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar