Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Menyelesaikan Masalah di Kantor
Siker.id | 13 Jan 2022 21:15


Bagikan ke
Tips menyelesaikan masalah di kantor. (siker)

siker.id - Meskipun pada dasarnya Anda bekerja untuk diri sendiri, tapi bukan berarti lantas bekerja sendirian ketika di kantor. Anda akan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang. Pun tak jarang harus bekerja dalam tim untuk proyek tertentu. Dengan interaksi sebanyak itu bersama rekan kerja, rasanya wajar jika terkadang berbeda pendapat dan terlibat suatu masalah. Kalau terjadi hal demikian, sebisa mungkin selesaikanlah secara dewasa dan jangan mengundang keributan di kantor. Salah satunya ialah dengan diskusi bersama. Berikut ini tips cara mengatasi masalah di tempat kerja.

Baca juga: Berikut 5 Tips Membuat Makin Betah di Tempat Kerja

1. Belajar dari Ide yang Buruk

Menemukan ide terbaik untuk mengatasi masalah tidak selalu mudah, apalagi jika Anda mendapatkan masalah yang cukup berat. Namun jangan berhenti berpikir dan menghasilkan berbagi ide untuk menyelesaikannya. Meski bukan ide yang terbaik, berbagai ide yang Anda miliki justru bisa saja menjadi solusi. Ketika Anda memiliki ide yang cukup buruk dan mencoba untuk menerapkannya, maka sudah jelas hal ini tidak akan berhasil dengan baik. Namun di lain sisi, teruslah berusaha untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari ide tersebut.

2. Tetaplah Fokus dan Profesional

Masalah tidak akan selesai dengan mudah, apalagi jika diselesaikan setengah-setengah saja. Apapun solusi atau ide yang Anda miliki untuk menyelesaikan masalah, maka pastikan Anda menerapkannya dengan cara yang terbaik. Anda harus fokus untuk mengatasi masalah tersebut sejak awal dan tetap professional, termasuk memberikan semua kemampuan terbaik Anda untuk menyelesaikannya secara penuh.

3. Jangan Enggan untuk Mencari Bantuan

Tidak semua masalah bisa selesai dengan baik, bahkan meski Anda sudah merasa melakukan semua usaha untuk mengatasinya. Manusia memiliki keterbatasan, inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memiliki orang-orang yang mendukung di sekeliling Anda, termasuk di lingkungan kerja sekalipun. Saat Anda sudah kehabisan ide dan tak lagi mengerti bagaimana cara menyelesaikan masalah, maka mencari bantuan adalah keputusan yang paling tepat.

Baca juga: Berikut 5 Hal yang Patut Disyukuri di Tempat Kerja

4. Diskusikan Sampai Akar Permasalahan di Ruang Privasi

Besar atau kecilnya masalah yang Anda miliki dengan rekan kerja sampai kapanpun tidak bakal bisa selesai kalau tidak diselesaikan sampai ke akarnya. Untuk melakukan hal tersebut, sangat perlu adanya diskusi secara menyeluruh dengan orang-orang terlibat. Akan tetapi, perlu diingat juga untuk melakukan ini di ruangan privasi supaya tidak diketahui orang lain.

5. Cari Solusi dengan Kesepakatan Bersama

Sebisa mungkin hindarilah keributan di kantor. Kalau pun terlibat masalah usahakan untuk selalu menyelesaikannya baik-baik. Salah satu cara untuk menangani masalah di kantor ialah dengan mencari solusi terbaik berdasarkan kesepakatan bersama. Jangan pikirkan tentang diri sendiri, ajaklah orang yang terlibat masalah denganmu untuk saling bertukar pikiran dan mencari jalan keluar bersama.

Sekian artikel tentang tips menyelesaikan masalah dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Masalah di Tempat Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar