Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Mengubah Hobi Menjadi Karir
Siker.id | 13 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
Tips mengubah hobi menjadi karir. (siker)

siker.id - Sewaktu masih kecil, banyak orang tua yang mengajarkan anaknya untuk memilih karier yang sesuai hobi dan mencintai apa yang dikerjakan. Ajaran ini kemudian dibawa hingga beranjak dewasa. Kini, bagi kebanyakan orang hal ini menjadi acuan karier mereka. Kebanyakan orang terus mencari rasa kecintaan dan semangat itu dalam membangun karier dan hobi. Namun pada saat yang sama hanya sedikit yang menemukannya. Ini karena apa yang Anda senangi tidak selalu masuk akal untuk kehidupan karier. Berikut tips agar bisa mengubah hobi menjadi karir.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan Buat yang Hobi Baca

1. Tentukan Hobi yang Memiliki Nilai Jual

Selain hobi tersebut Anda senangi, kriteria penting lainnya hobi tersebut harus juga memiliki nilai jual. Jelas sudah karena tujuan awalnya Anda ingin menggali hal tersebut untuk mendapatkan potensi keuntungan. Misalnya saja jika Anda mempunyai hobi memancing, karena memancing merupakan hal yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang, untuk mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut Anda dapat menjual aksesoris maupun hal pendukung untuk aktivitas memancing. Tentunya jika hobi memancing merupakan kegiatan yang Anda sukai, maka Anda pastinya akan mengetahui peralatan apa saja yang baik untuk digunakan pada kegiatan memancing.

2. Perluas Pengetahuan dan Wawasan Anda

Tips selanjutnya adalah mengkombinasikan antara keterampilan dan gairah yang Anda miliki. Dengan kata lain, gunakanlah pengetahuan yang Anda miliki untuk mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika Anda memiliki skill fotografi, maka jangan berhenti dengan usaha penyediaan jasa fotografi saja, tetapi cobalah kembangkan dan ciptakan peluang ide bisnis baru seperti membuat album foto dan menjualnya secara online.

3. Gabungkan Profesi dengan Hobi

Dengan pemikiran kreatif, dimungkinkan untuk menyesuaikan profesi saat ini dengan hobi. Misalnya seperti jika dirimu menyukai fotografi, hobi ini bisa dikembangkan untuk membuka studio foto dengan menyediakan jasa foto keluarga, wisuda, pernikahan atau acara lainnya. Ini terlihat sangat menyenangkan, dan membuatmu lebih nyaman menjalani pekerjaan tersebut.

Baca juga: Berikut Alasan Bekerja Harus Sesuai Minat dan Hobi

4. Bersikap Fleksibel

Mungkin sangat sulit atau benar-benar mustahil untuk sepenuhnya mengubah hobi menjadi karier sepenuhnya. Pertimbangkan posisi karier di bidang umum, dirimu dapat menjadikan hobi sebagai pekerjaan sampingan. Misalnya, jika dirimu seorang penulis dan memiliki hobi membuat kerajinan, ini bisa digunakan untuk mencari pendapatan lain.

5. Ciptakan Brand Anda

Manfaatkanlah media sosial sebagai sarana pendukung untuk menjalankan bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal paling penting dengan memanfaatkan media sosial juga bisa menciptakan brand atau merk dagang sendiri pada usaha yang tengah Anda geluti. Cara yang bisa Anda lakukan dengan membuat akun Facebook sebagai sarana media promosi bisnis. Selain itu juga Anda bisa membuat Blog atau situs website yang memenuhi standar untuk lebih memperkenalkan usaha dan produk yang dijual ke khalayak ramai.

Sekian artikel tentang tips mengubah hobi menjadi karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar