Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Memperhatikan Kesejahteraan Pegawai
Siker.id | 13 Jan 2022 22:15


Bagikan ke
Tips memperhatikan kesejahteraan pegawai. (siker)

siker.id - Menjadi seorang atasan dalam perusahaan memang impian bagi kebanyakan orang. Hal ini memiliki arti bahwa karier yang ada terus berkembang ke arah yang lebih baik. Meskipun mungkin sinyal baik bagi kariermu, ternyata menjadi seorang atasan juga memiliki tanggung jawab yang berat. Salah satu tanggung jawab tersebut berkaitan dengan kesejahteraan pegawai. Bila kamu memiliki niat serius untuk fokus pada kesejahteraan pegawai, beberapa tips berikut ini dapat menjadi cara cerdik untuk Anda lakukan.

Baca juga: Berikut Alasan Gaji Tiap Karyawan Berbeda

1. Memberikan Gaji di Atas Rata-rata

Setiap sektor bisnis biasanya memiliki rentang gaji yang dijadikan acuan oleh para pemilik bisnis, selain standar gaji yang dikeluarkan oleh pemerintah. Nominal upah minimum yang ditentukan pemerintah tentu harus dipenuhi. Poin ini membicarakan penawaran gaji yang telah melampaui upah minimum serta di atas rata-rata gaji pada sektor bisnis tersebut. Meski terlihat seperti pengeluaran tambahan, namun perusahaan yang memberikan upah di atas rata-rata sebagian besar selalu memiliki reputasi yang baik, tak hanya di mata karyawan, tetapi juga di mata konsumen.

2. Menjaga Kesehatan Karyawan

Memberikan fasilitas kesehatan bagi karyawan tidak terbatas pada asuransi kesehatan saja. Dan menjamin asuransi kesehatan karyawan bukanlah sikap dermawan dari perusahaan. Kebijakan atau program ini adalah langkah untuk memastikan produktivitas. Jika kesehatan karyawan terjamin atau setiap mereka ada keluhan kesehatan dapat segera ditangani dengan baik tanpa mengkhawatirkan biaya, maka karyawan akan semakin jarang absen.

3. Memastikan Pegawai Bekerja dengan Fasilitas yang Memadai

Aspek lainnya yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan fasilitas kantor. Anda tentu perlu memastikan segala fasilitas dapat secara mudah diakses oleh pegawai. Penyediaan fasilitas kantor akan sangat membantu dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai dalam bekerja. Hasil pekerjaan sudah tentu akan meningkatkan secara baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement Karyawan?

4. Tidak Ragu Memberikan Bonus Target

Dalam sebuah perusahaan biasanya selalu ada target yang ditetapkan. Target tersebut umumnya berkaitan dengan proyek yang akan dijalankan oleh para pegawai. Tidak ada salahnya meningkatkan motivasi pegawai dengan cara menjanjikan bonus tinggi untuk proyek kerja yang berhasil dicapai. Hal ini juga dilakukan sebagai bentuk keperdulian dan peningkatan kesejahteraan dalam bekerja.

5. Mempersiapkan Mess untuk Pegawai

Mess atau biasa dikenal sebagai asrama sementara untuk pegawai juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Tempat tinggal sementara ini memiliki fungsi penting untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai agar efektivitas bekerja juga semakin baik. Biasanya perusahaan yang memiliki waktu kerja padat sangat membutuhkan keberadaan mess. Cara tersebut dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi pegawai sebab tak perlu jauh dalam mencari tempat tinggal, sekaligus hemat ongkos.

Sekian artikel tentang tips memperhatikan kesejahteraan pegawai. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Kewajiban Karyawan Kepada Perusahaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar