Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Hidup Mapan di Usia Muda
Siker.id | 06 Jan 2022 09:00


Bagikan ke
Tips hidup mapan di usia yang muda. (siker)

siker.id - Umur 20-an merupakan salah satu fase terpenting dalam hidup Anda. Di umur ini, Anda mengalami banyak perubahan, dari hidup bergantung kepada orang tua menjadi hidup mandiri. Baik merantau ataupun masih tinggal bersama orang tua, kamu akan mulai menentukan arah hidupmu sendiri, termasuk soal pekerjaan, keuangan, tabungan hingga percintaan & pernikahan. Uang bulanan yang biasanya dari kiriman orang tua kini harus kamu cari sendiri dengan bekerja. Keuangan untuk listrik, pulsa, paket data & asuransi yang biasanya diurus orang tua sekarang harus kamu urus sendiri. Berikut kiat sukses mapan di usia muda!

Baca juga: Berikut Ini 5 Kunci Sukses Dalam Karir

1. Pelajari Skill Baru

Jangan cepat puas dengan keahlian yang miliki saat ini. Sebaliknya, eksplor skill lain yang berpotensi untuk menjadi kekuatan Anda dalam menghadapi persaingan di dunia pekerjaan yang tentu saja semakin ketat. Bangun kapasitas diri dengan skill baru setiap kali punya kesempatan, apapun bentuknya asalkan bisa diterapkan di berbagai kondisi, karena skill tersebut nantinya bisa mengantarkan Anda pada mapan secara finansial.

2. Cari dan Bangun Penghasilan Baru

Bila Anda sudah memiliki skill dan pengalaman baru, Anda bisa menerapkannya untuk membangun sumber penghasilan baru. Bila sebelumnya Anda mempelajari pemrograman, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual jasa programming kepada klien yang membutuhkan. Dari situlah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan Anda. Intinya, jangan pernah takut untuk mencari peluang baru yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

3. Utamakan Investasi Ketimbang Menabung

Menabung itu memang bagus, namun sayang sekali bila Anda hanya menabung dan tidak memulai untuk berinvestasi sedini mungkin. Menabung bisa menjadi jawaban untuk kebutuhan keuangan dalam waktu yang relatif pendek, namun untuk jangka panjang, menabung akan membuat nilai uang Anda terus tergerus oleh inflasi dan juga biaya administrasi. Sebaliknya, berinvestasi akan menambah nilai uang Anda dari waktu ke waktu dengan potensi keuntungan yang lebih tinggi. Jangan ragu untuk mulai mendanai sekarang juga.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menjadi Orang Sukses!

4. Belajar dan Bangun Network Seluas Mungkin

Jangan cuma kuliah-pulang kuliah-pulang seperti anak sekolahan semasa kuliah. Investasikan waktu Anda di kampus untuk terus menambah ilmu, menambah teman dan belajar berwirausaha. Skill dan network yang Anda bangun semasa kuliah akan mempengaruhi jumlah gaji/penghasilan yang bisa kamu dapat di dunia kerja nanti. Mereka yang berhasil menjadi profesional dan pengusaha sukses dalam karir biasanya merupakan orang-orang yang rajin membangun skill dan memperluas network semasa kuliah.

5. Biasakan Diri untuk Hidup Hemat

Kebiasaan hidup hemat akan membuat Anda bijak mengatur keuangan. Hidup hemat tidak berarti Anda harus berhenti belanja dan menikmati gaya hidup. Anda bisa hemat dengan mencari alternatif belanja dan cara hidup yang lebih murah.

Sekian artikel tentang kiat sukses mapan di usia muda. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Wanita Karir Yang Sukses


Editor: Theo Adi -

     

Komentar