Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Penyebab Jenuh dengan Rutinitas Kerja
Siker.id | 05 Jan 2022 21:00


Bagikan ke
Penyebab jenuhnya dalam rutinitas kerja. (siker)

siker.id - Bukan cuma Anda kok yang lagi bosan sama pekerjaan yang sekarang. Yakinlah kalau di luar sana ada banyak orang yang mengalami hal serupa. Cara cepat menekan rasa jenuh tersebut adalah dengan selalu bersyukur. Lihatlah orang-orang di sekitarmu. Ada yang baru saja kena PHK karena pandemik, bahkan ada pula yang belum sempat mencicipi dunia kerja sejak lulus kuliah. Beruntung Anda masih punya penghasilan. Lalu apakah merasa bosan dalam pekerjaan itu dilarang? Tentu saja tidak. Tapi perasaan tersebut bisa Anda kontrol, kok. Caranya adalah dengan tahu dulu, apa penyebab Anda gampang jenuh saat bekerja. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Rasa Jenuh di Kantor

1. Pekerjaan Monoton

Mulanya kamu sangat bersemangat dan menyukai sebuah pekerjaan. Namun, pada akhirnya kamu mulai jenuh karena terus melakukan satu jenis tugas yang menguras energi, waktu, dan pikiran. Melakukan tugas yang “itu-itu saja” untuk jangka waktu lama adalah penyebab paling umum hadirnya rasa jenuh saat bekerja. Ditambah jika kantor tidak memberikan peluang untuk tantangan baru atau ruang untuk meningkatkan keterampilan diri. Risiko ini cenderung lebih tinggi pada profesi yang jenis pekerjaannya berulang dan tidak memiliki jenjang karier.

2. Dedikasi yang Terlalu Lama

Faktor waktu mengabdi yang terlalu lama di satu kantor juga menjadi salah satu penyebab jenuh bekerja yang paling umum. Kejenuhan lebih mudah dialami oleh orang-orang yang sudah bekerja lebih dari 15 tahun ketimbang orang-orang yang “baru” bekerja lebih dari empat tahun. Rasa jenuh muncul karena rata-rata dari mereka menganggap upaya yang selama ini telah mereka lakukan tidak mendapat apresiasi dari perusahaan. Karyawan yang merasa tidak dihargai akhirnya cenderung mengabaikan tanggung jawab mereka. Pasalnya, kejenuhan lambat laun membuat kamu jadi merasa bertanya-tanya apa gunanya melakukan semua itu.

3. Tidak Ada Pengembangan Karir

Sebagian dari Anda pasti merasa kurang berkembang jika dibandingkan dengan rekan kerja lainnya bukan? Hal ini juga bisa menjadi alasan Anda tiba-tiba bosan dan jenuh terhadap pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba untuk mengkomunikasikan keluh kesah ke bagian HRD atau People Development agar memberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian Anda. Pilihan lainnya, Anda juga bisa ikut pelatihan singkat di internet untuk mengisi waktu luang.

Baca juga: Bosan di Tempat Kerja? Berikut Cara Mengatasinya!

4. Kurangnya Tantangan

Kebanyakan orang akan bersemangat saat ditantang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Bisa jadi, Anda kekurangan tantangan di tempat kerja. Tentu hal ini akan berpengaruh pada kinerja Anda. Merasa bosan dengan rutinitas yang sama bertahun-tahun pasti akan dirasakan oleh semua orang, tetapi Anda dapat terhindar dari situasi ini jika Anda mencoba memberikan saran yang akan mengarah pada tantangan kedepannya.

5. Pekerjaan Bertambah Tapi Gaji Tetap

Ada kalanya kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan justru membebani para karyawannya. Misalnya ketika di kantormu ada pengurangan jumlah pegawai. Alhasil, bagi mereka yang tetap bertahan harus rela mendapatkan tugas tambahan. Dampaknya, hampir setiap hari harus kerja lembur di kantor sampai larut malam. Tidak masalah kalau memang pekerjaan itu sesuai dengan gajinya. Ini sama sekali gak ada. Maklum kalau kondisi tersebut memperkuat rasa bosanmu. Tidak hanya capek fisik, mentalmu juga jadi dikuras habis-habisan.

Sekian artikel tentang penyebab mulai jenuh dengan rutinitas kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menghadapi Rasa Bosan saat Bekerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar