Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Kiat Sukses Memulai Usaha Dari Nol
Siker.id | 05 Jan 2022 20:00


Bagikan ke
Kiat sukses memulai usaha dari nol. (siker)

siker.id - Memulai usaha memang memberikan keuntungan yang besar bagi pelakunya. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan upaya yang besar pula. Hal ini yang membuat orang-orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha. Modal yang besar, perjuangan yang tidak mudah, hasil yang tidak menentu dan lain sebagainya menjadi penyebabnya. Padahal seperti yang diketahui banyak orang, beberapa pemilik usaha yang sudah besar sekarang ini memulai usaha dari tempat yang kecil dengan modal seadanya. Bahkan sebagian besar memulai usaha dari nol. Memang ada beberapa risiko yang akan dihadapi di awal membangun bisnis. Akan tetapi dengan kerja keras, semuanya bisa terbayarkan dengan usaha yang berkembang dan keuntungan yang terus meningkat.

Baca juga: Tips Memulai Usaha agar Tidak Bangkrut

1. Yakinkan dirimu

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Berpikir “Out of The Box”

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

3. Organisir diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

Baca juga: Apa Saja Kemampuan yang Harus Dimiliki Pengusaha?

4. Rajin Mencatat

Ketika melakukan hal-hal baru seperti memulai usaha, wajar jika ada satu atau dua hal yang masih terlupa dan beberapa hal yang masih dibingungkan. Biasakan untuk mencatat detail-detail barang, operasional, kegiatan serta tantangan yang Anda hadapi. Catatan ini nantinya bisa digunakan untuk mengingatkan apa yang terlupa, harus dibeli dan dilakukan serta dijadikan sebagai bahan evaluasi.

5. Jangan Takut Gagal

Mengambil keputusan untuk memulai usaha memang mempunyai risiko yang cukup besar. Namun jika dari awal Anda sudah merasa takut gagal, bisa jadi usaha kedepannya pun akan gagal. Anda harus bisa meyakinkan diri sendiri dan buang jauh-jauh segala ketakutan mengenai kegagalan. Kegagalan memang bisa saja terjadi, namun seorang pebisnis sejati pasti akan mampu bangkit dan bisa belajar dari kegagalan tersebut. Jangan mencoba untuk mundur ketika tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda.

Sekian artikel tentang kiat memulai usaha dari nol. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Memilih Jadi Pengusaha?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar