Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tanda Sudah Siap Jadi Pemimpin
Siker.id | 04 Jan 2022 09:00


Bagikan ke
Tanda sudah siap menjadi seorang pemimpin. (siker)

siker.id - Setiap orang biasanya memiliki harapan yang sama untuk dapat memperoleh kesuksesan dalam karier yang dijalankan meski tentu saja tidak instan untuk dapat memperoleh kesuksesan tersebut. Salah satu indikator dari kesuksesan sering kali disangkutpautkan pada posisi sebagai seorang pemimpin dalam suatu instansi di perusahaan. Untuk dapat melihat apakah Anda sudah siap atau belum untuk menjadi seorang pemimpin, beberapa tanda berikut ini harus ada pada dirimu.

Baca juga: Berikut Tips Menjadi Pemimpin Yang Baik

1. Anda Mampu Memberikan Masukan yang Baik

Salah satu kualitas pemimpin yang baik adalah kemampuan untuk mengevaluasi seorang individu dengan objektif dan menawarkan masukan kritis tapi membangun untuk membantu mereka meningkatkan dan tumbuh dalam jalan karir mereka. Apakah Anda tahu bahwa Anda memberikan saran yang membantu pada anggota tim Anda setiap hari? Apakah mereka menghargai dan menganggap masukan ini berguna? Jika ya, beri penghargaan pada diri Anda.

2. Anda Dapat Mengambil Keputusan di Bawah Tekanan

Anda seringkali dipuji oleh bos dan kolega Anda bahwa menghadapi tekanan dengan baik sekali, dan Anda mendapatkan pujian secara rutin tentang kemampuan Anda yang mengesankan dalam bersikap tenang dan dapat mengambil keputusan dalam situasi-situasi yang menekan. Apakah ini terdengar seperti Anda? Jika Anda dengan serius mempertimbangkan untuk melamar posisi pemimpin, kemampuan untuk tetap terkendali dan membuat keputusan yang cepat di bawah tekanan merupakan persyaratannya.

3. Anda Disukai

Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif, Anda perlu untuk menginspirasi orang-orang di sekitar Anda. Hal ini berarti Anda harus disukai oleh atasan dan rekan Anda. Jika Anda tidak dapat menyenangkan semua orang, penting bahwa orang-orang di sekitar Anda cukup menghormati Anda sehingga mau mengikuti perintah Anda bahkan jika mereka tidak mempunyai pandangan yang sama. Anda akan menganggapnya berat (jika tidak, mustahil) untuk memimpin jika Anda tidak dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan rasa percaya dalam keputusan-keputusan Anda.

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Layak Menjadi Seorang Pemimpin

4. Menjadi Mentor yang Baik Bagi Pegawai Lain

Menjadi pemimpin berarti menjadi contoh bagi pegawai yang lainnya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan gaya kerja dan cara dalam menangani permasalahan. Tentu saja seseorang yang sudah siap menjadi seorang pemimpin biasanya juga akan sekaligus menjadi mentor bagi pegawai lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan karier dan kemampuan ke depannya.

5. Jam Terbang Sudah Cukup Tinggi

Tidak ada pemimpin yang hanya memiliki jam terbang sebentar. Hal ini tentu saja karena segala sesuatunya tidak ada yang instan. Semua pemimpin biasanya cenderung memiliki jam terbang yang sudah tinggi. Mereka sudah melalui berbagai macam pengalaman yang sangat berharga untuk pencapaian karier ke depannya.

Sekian artikel tentang tanda sudah siap menjadi pemimpin. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Belum Siap Menjadi Pemimpin


Editor: Theo Adi -

     

Komentar