Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Pekerjaan yang Membutuhkan Jasa Freelancer
Siker.id | 31 Dec 2021 09:00


Bagikan ke
Pekerjaan yang membutuhkan jasa freelancer. (siker)

siker.id - Di era digital seperti saat ini, peluang untuk bekerja secara freelance semakin terbuka lebar. Digitalisasi perusahaan memungkinkan para karyawannya untuk bisa bekerja dari tempat yang berbeda-beda dan tidak terikat waktu, yang merupakan ciri khas dari pekerjaan freelance. Anda yang tidak ingin bekerja kantoran, bekerja tanpa terikat waktu, atau mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin berminat untuk menjadi freelancer. Saat ini, ada beberapa bidang pekerjaan yang paling banyak membutuhkan jasa freelancer, berikut akan dijelaskan daftarnya.

Baca juga: Bagaimana Memilih Pekerjaan Yang Tepat?

1. IT

Bidang pekerjaan pertama yang paling membutuhkan freelancer adalah IT. Bidang IT merupakan industri pekerjaan yang sangat luas dan dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa memilih untuk menjadi freelance programmer, web developer, IT consultant dan pekerjaan lainnya. Untuk menjadi freelancer yang sukses di bidang IT, Anda perlu menguasai bahasa pemrograman, mengetahui cara coding, dan tentu saja up-to-date dengan informasi seputar teknologi.

2. Penulisan

Bidang pekerjaan selanjutnya yang sudah pasti membutuhkan freelancer adalah penulisan. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan content writer, copywriter, atau editor dengan status sebagai freelance saja. Jika Anda suka membaca dan menulis, maka bidang ini cocok untuk Anda geluti. Pasalnya, akan selalu ada demand untuk freelancer di bidang penulisan.

3. Pendidikan

Bidang pendidikan juga ternyata membutuhkan freelancer, lho. Terdapat banyak perusahaan yang mencari guru, tutor, dan trainer atau konsultan untuk perusahaan. Untuk menjadi trainer di sebuah perusahaan, maka Anda harus menentukan bidang apa yang ingin menjadi fokusmu. Apakah ingin fokus untuk melatih orang dalam mengatur stres? Atau mungkin, menjadi konsultan untuk departemen HRD (Human Resources Department)? Intinya, tentukan terlebih dahulu kamu ingin fokus di mana. Setelah menguasai satu bidang, maka kamu bisa mencoba yang lainnya. Hal ini juga berlaku jika ingin menjadi guru dan tutor.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Freelance Yang Dicari Orang

4. Fotografi

Jasa fotografer sangat diperlukan untuk berbagai macam keperluan. Sebut saja wisuda, pesta pernikahan, acara ulang tahun, hingga event lainnya. Apabila Anda memiliki hobi dan keterampilan fotografi yang mumpuni, Anda bisa memanfaatkannya untuk berkarier secara freelance di bidang fotografi. Selain kemampuan mengambil gambar, untuk sukses menjadi fotografer, Anda juga perlu mengasah skill editing.

5. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan merupakan posisi krusial di banyak sektor. Tanpa layanan yang baik, perusahaan berisiko ditinggalkan pelanggan dan berakibat pada hilangnya pelanggan. Oleh sebab itu, layanan pelanggan adalah posisi yang dibutuhkan di hampir setiap perusahaan. Dahulu, pekerjaan layanan pelanggan adalah posisi penuh waktu. Namun, saat ini semakin banyak perusahaan yang mencari freelancer untuk memenuhi kebutuhan layanan pelanggan.

Sekian artikel tentang bidang pekerjaan yang membutuhkan jasa freelancer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Yuk! Kenali Jenis Pekerjaan Freelance


Editor: Theo Adi -

     

Komentar