Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Lulusan Baru Masih Banyak Menganggur?
Siker.id | 30 Dec 2021 16:15


Bagikan ke
Masih banyak lulusan baru yang menganggur setelah lulus kuliah. (siker)

siker.id - Memperoleh pekerjaan yang ideal memang bukanlah perkara yang mudah. Hal ini semakin sulit karena persaingan kerja yang kian ketat seiring berjalannya waktu. Dampak yang ditimbulkan adalah sulitnya para freshgraduate untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang sudah lama lulus kadang masih kesulitan dalam mencari pekerjaan yang ada. Ada banyak faktor yang membuat mereka para lulusan ini belum dapat kerja sampai sekarang. Meski mungkin menjadi hal yang cukup tidak diharapkan, namun beberapa alasan berikut ini bisa menjadi latar belakang mengapa kamu masih menganggur pasca lulus kuliah. Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut Kegiatan Fresh Graduate Selama Menganggur

1. Banyak Fresh Graduate Minim Pengalaman

Pengalaman adalah bekal berharga dalam dunia kerja. Dunia pekerjaan sangat berbeda dari perkuliahan. Para pencari kerja dari kalangan sarjana baru kesulitan mendapat pekerjaan umumnya dikarenakan tidak memiliki pengalaman baik bekerja maupun berorganisasi. Minimnya pengalaman tentu saja membuat perusahaan tidak mau menggunakan tenaga mereka. Inilah pentingnya mengikuti aktivitas non akademik, misalnya magang atau aktif berorganisasi.

2. Jumlah Pencari Kerja Tidak Sebanding dengan Lowongan

Mendapatkan pekerjaan semakin sulit karena jumlah lowongan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah job seeker. Setiap tahunnya terdapat ribuan lulusan sarjana yang menyelesaikan pendidikan mereka secara bersamaan. Akan tetapi, ini tidak diikuti oleh banyaknya lowongan kerja di berbagai industri. Banyaknya jumlah pengangguran di antaranya adalah akibat dari lowongan kerja yang sangat terbatas.

3. Terlalu Bangga dan Mengandalkan IPK yang Tinggi

IPK tinggi atau selempang cum laude yang didapatkan saat merayakan kelulusan, bukan jadi faktor utama yang penting di dunia kerja. Jadi, jangan terlalu mengandalkan IPK tinggi saat melamar pekerjaan. Bagi perusahaan, nilai tersebut hanya sebatas angka, tapi keahlian dan skill menjadi bukti apakah Anda pantas menyandang gelar cum laude tersebut atau tidak. Setelah lulus kuliah, sebaiknya manfaatkan waktu untuk mempertajam skill sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan.

Baca juga: Mengapa Banyak Fresh Graduate Susah Mendapatkan Kerja?

4. Kurang Memanfaatkan Peluang

Meskipun persaingan di dunia kerja sangat tinggi, tapi peluang untuk bekerja akan selalu ada. Manfaatkan peluang ini sebaik mungkin agar Anda tidak menjadi pengangguran selama bertahun-tahun. Gunakan waktu untuk mencari informasi seputar lowongan pekerjaan. Apabila lowongan kerja di kota tempat tinggalmu sangat terbatas, carilah di kota lain yang masih termasuk dalam wilayah Indonesia. Bila perlu, hubungi teman-temanmu di bangku kuliah dulu. Tanyakan apakah perusahaan tempatnya bekerja sedang membutuhkan tenaga kerja baru atau tidak.

5. Tidak Memiliki Perencanaan Kerja Matang

Perencanaan kerja merupakan salah satu hal penting yang sering kali terlewat. Hal ini tentu diperlukan sebab tanpa perencanaan kerja, maka akan sulit memperoleh pekerjaan yang ideal. Jika Anda memiliki perencanaan kerja, maka Anda jadi dapat mempertimbangkan banyak hal sebelum memperoleh pekerjaan tetap. Hal ini tentu membuatmu lebih matang dalam bekerja nantinya.

Sekian artikel tentang alasan lulusan baru masih banyak menganggur. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate


Editor: Theo Adi -

     

Komentar