Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Ciri Mentor yang Baik Dalam Karir
Siker.id | 30 Dec 2021 15:55


Bagikan ke
Ciri mentor yang baik dalam karir. (siker)

siker.id - Kehadiran mentor kerap diperlukan saat kamu baru mempelajari sesuatu atau ingin memperdalam penguasaan atas suatu ilmu dan skill. Walaupun kunci utamanya tetap ada di kamu, mentor yang tepat memang dapat memuluskan impianmu. Sebaliknya, keliru memilih mentor justru bisa membuatmu makin jauh dari pencapaian yang diharapkan. Sebagai pedoman, mentor yang baik di bidang apa pun pasti memiliki ciri-ciri berikut ini.

Baca juga: Berikut Tips Menemukan Passion Untuk Karir

1. Memberi Ruang untuk Belajar dari Kesalahan

Seperti yang kamu tahu, melalui pengalaman, seseorang akan lebih mampu memahami suatu hal secara nyata. Hal inilah yang dipahami oleh seorang mentor andal dan tak sekadar mencegah seseorang untuk melakukan kesalahan sebagai bagian untuk berproses dan belajar.

2. Tak Merasa Dirinya Sebagai Pahlawan

Meskipun secara ilmu dan pengalaman jauh lebih tinggi, seorang mentor tidak akan menganggap dirinya lebih hebat dari kamu. Hal ini mungkin saja terjadi karena mentor hebat memahami bahwa tugas seorang pembimbing adalah untuk memberikan saran dan mengarahkan.

3. Mereka Meminta Anda Melakukan Sendiri

Seperti halnya seorang mentor yang memberi ruang atas kesalahan, begitu pula ia memberi ruang bagi Anda untuk mencoba segala sesuatunya secara mandiri. Dengan saran dan evaluasi yang diberikannya, para mentor harus siap melihat Anda menjalani suatu capaian secara mandiri. Dengan begitu, Anda mendapatkan pengalamannya sendiri. Di sisi lain, mentor yang baik terus memberi dukungan, dorongan, dan evaluasi untuk terus membuat para mentee yang didampinginya berkembang.

Baca juga: Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang

4. Tidak Minta Macam-macam

Permintaan yang macam-macam misalnya, tambahan biaya di luar yang telah disepakati. Juga jika kalian lawan jenis, dia malah memintamu untuk berkencan dengannya. Semua ini menunjukkan rendahnya profesionalitasnya. Bahkan dia memiliki kecenderungan hanya ingin memanfaatkanmu demi kepentingannya sendiri. Kalau begini, lekas cari mentor yang lain saja deh.

5. Tidak Menjatuhkan Mental

Benar, mentalmu memang butuh diuji dan dikuatkan. Sebab keberhasilan tak hanya ditentukan oleh seberapa banyak pengetahuanmu, melainkan juga seberapa kuat mentalmu. Hanya saja, mentor yang baik pasti paham bahwa membentuk kekuatan mental itu seperti menyusun bata satu per satu untuk membuat dinding. Bukan malah berkali-kali menghancurkan dinding lalu berusaha menyusun kembali reruntuhannya. Itu pekerjaan yang tidak berguna dan justru merusak. Apabila Anda mendapatkan mentor begini, Anda cuma akan putus asa dan akhirnya berhenti belajar.

Sekian artikel tentang ciri mentor yang baik dalam karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Hal Membuat Anda Pantas Dapat Promosi Karir


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar