Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Menghadapi Atasan yang Pilih kasih?
Siker.id | 29 Dec 2021 19:30


Bagikan ke
Cara menghadapi atasan yang pilih kasih. (siker)

siker.id - Punya bos yang mengistimewakan beberapa pegawai tertentu? Berarti kamu perlu tahu cara-cara menghadapi atasan yang pilih kasih. Ya, tidak sedikit jumlah pekerja yang memiliki atasan tidak menyenangkan. Salah satu sikap menyebalkan yang sering ditemui pada kantor-kantor besar adalah supervisor yang memberikan perhatian lebih pada satu atau dua karyawan tertentu. Mungkin, perilaku atasan yang pilih kasih akan menguntungkan bagi pegawai yang diistimewakannya. Kendati demikian, sikap seperti ini akan merugikan mereka yang tidak dalam daftar favorit si atasan. Kesempatan untuk berbicara, berpendapat, hingga promosi tak jarang akan terlewati oleh pegawai yang tidak diistimewakan atasan. Berikut cara menghadapi atasan yang suka pilih kasih.

Baca juga: Berikut Tips Supaya Tidak Kena Marah Atasan

1. Mencari Tahu Akar Permasalahan

Ketika seseorang berbuat sesuatu pasti memiliki suatu alasan, begitu juga jika atasan pilih kasih pada karyawannya. Jika atasan Anda pilih kasih maka Anda harus mencari tahu apa akar permasalahan yang menyebabkan atasan pilih kasih. Untuk dapat menyelesaikan masalah dengan tuntas, Anda harus menemukan akar permasalahan terlebih dahulu. Sehingga sebelum Anda membenci atasan karena dia berbuat pilih kasih maka cobalah untuk introspeksi diri Anda sendiri.

2. Mengendalikan Suasana Hati

Mendapatkan perlakuan yang tidak adil memang bukanlah hal yang menyenangkan. Bahkan sikap pilih kasih atasan dapat membuat suasana hati Anda buruk. Sebaiknya Anda harus pandai mengendalikan suasana hati. Tanyanya juga pada diri sendiri apakah atasan Anda memang pilih kasih atau itu semua hanya perasaan Anda saja. Anda memiliki rasa sakit hati kepada atasan Anda sehingga apapun yang dilakukan atasan Anda terlihat salah di mata Anda, termasuk sikap pilih kasihnya. Ketika Anda merasa bahwa atasan Anda pilih kasih terhadap karyawannya Anda tidak boleh larut dalam pikiran tersebut terus menerus.

3. Berusaha Berprasangka Baik

Prasangka buruk tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah, tetaplah berpikir positif pada hal-hal yang ada di depan mata. Jika ada hal yang memang terlihat tidak adil, cobalah ambil hikmah positifnya. Sebab, jika Anda marah pun tidak akan menyelesaikan masalah. Status sebagai bawahan akan lebih aman dan tenang jika Anda bawa santai saja, fokus kepada pikiran baik.

Baca juga: Bagaimana Agar Bisa Dekat Dengan Atasan?

4. Perbaiki Komunikasi

Seringkali yang menjadi pemicu masalah adalah komunikasi yang kurang baik. Kesibukan kuliah yang sering membuat Anda izin kerja mungkin saja menjadi penyebab utama atasan Anda berpikir negatif. Hal ini sebaiknya diselesaikan dengan komunikasi yang baik. Sampaikan kondisi riil yang Anda alami. Komunikasi ini akan membuat atasan bisa mengenal bawahan, dan bawahan pun bisa lebih mengenali tipe atasannya.

5. Bersikap Netral

Cara terakhir untuk menghadapi bos yang pilih kasih adalah untuk bersikap netral. Mengapa demikian? Atasan yang suka mengistimewakan pegawai cenderung memiliki etika kerja yang buruk. Agar Anda tidak terlihat menyebalkan di mata atasan ini, cobalah untuk bersikap seakan ia tidak bersalah. Lalu, perhitungkan kembali kejadian yang memperlihatkan sikap pilih kasihnya. Siapa tahu Anda hanya berasumsi.

Sekian artikel tentang tips menghadapi atasan yang pilih kasih. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Atasan Yang Otoriter?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar