Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Mengembangkan Relasi Profesional
Siker.id | 29 Dec 2021 09:00


Bagikan ke
Tips mengembangkan relasi profesional. (siker)

siker.id - Tahun 2022 sebentar lagi hadir di hidupmu maka Anda harus mulai berbenah dan mulai berkembang agar kehidupan kariermu semakin baik. Salah satu caranya adalah dengan memperluas pergaulan untuk relasi profesionalmu, karena pergaulan yang luas merupakan salah satu kunci kesuksesan. Sangat mudah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar pergaulanmu makin luas!

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Koneksi Profesional Yang Tepat?

1. Aktif di Situs Web Jaringan Profesional

Kini situs web jaringan profesional sudah banyak dan mudah sekali di akses, seperti Linkedin, Jobstreet, Kalibrr, dan lain sebagainya. Sayang jika tidak dimanfaatkan kemudahan akses yang ditawarkan. Jika Anda sudah cukup percaya diri dengan profilmu, jangan ragu untuk lebih dulu menjalin komunikasi dengan banyak orang. Anda bisa mulai dari mengirim permohonan pertemanan ke HR atau karyawan beberapa perusahaan yang diminati. Anda juga bisa mulai mengirim pesan sederhana atau komentar, seperti ucapan selamat jika yang bersangkutan baru merayakan sesuatu, bertanya mengenai pekerjaan terkait, atau pesan lain agar mereka setidaknya dapat mengetahui bahwa Anda memiliki potensi.

2. Tetap Terhubung dengan Alumni

Saat sedang duduk di bangku SMA atau kuliah, Anda pasti tak hanya berteman dengan satu angkatan, tapi juga dengan kakak kelas/tingkat. Nah, meski mereka sudah lulus, ada baiknya jika Anda tetap menjalin komunikasi. Anda bisa sesekali berkomunikasi lewat media sosial atau membuat janji bertemu langsung. Jika komunikasi terus berjalan dan menemukan kecocokan, tak menutup kemungkinan suatu saat nanti Anda terpilih diajak bekerja sama atau bahkan ditawari langsung pekerjaan yang lebih baik.

Baca juga: Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja

3. Terlibat Aksi Sosial

Mengikuti aksi sosial dengan menjadi relawan bisa ikut memperluas relasi Anda. Tidak jarang perusahaan besar membuka kegiatan sosial dan membutuhkan relawan. Dari kegiatan ini, Anda bisa berkenalan dengan beberapa orang dari perusahaan tersebut. Suatu saat jika Anda memerlukan informasi pekerjaan, mereka bisa membantu.

4. Sapa Orang-orang dengan Tepat

Mau mulai terhubung dengan orang-orang? Sapa mereka. Ketika bertemu dengan calon klien baru atau rekan kerja profesional, selalu ada rumus: jabat tangan yang kuat, kontak mata yang baik, sapaan yang tulus, dan memperlihatkan rasa respek. Dengan memperlihatkan antusiasmu berbincang dengan mereka, itu bisa menjadi ‘kode’ bagi mereka bahwa Anda mau mulai menjalin relasi.

5. Gunakan Media Sosial Sebagai Sarana

Banyak yang menggunakan media sosial sebagai sarana senang-senang saja. Padahal media sosial bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang saat ini telah berjauhan. Bahkan lewat media sosial Anda bisa berkenalan dengan orang-orang profesional.

Sekian artikel tentang tips mengembangkan relasi professional. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 6 Faktor Yang Mempengaruhi Karir Seseorang


Editor: Theo Adi -

     

Komentar