Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut ini Cara Menghentikan Kebiasaan Multitasking
Siker.id | 27 Dec 2021 19:00


Bagikan ke
Cara menghentikan kebiasaan multitasking. (siker)

siker.id - Saat bekerja, tak sedikit dari kita yang mungkin berusaha menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, yakni dengan multitasking. Lalu, ketika kita tidak bisa fokus dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan sempurna, sering kali kita merasa tidak produktif. Padahal, multitasking itulah yang justru membuat kita menjadi tidak produktif karena kita memerlukan waktu untuk fokus dari satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya. Berikut ini beberapa cara menghentikan kebiasaan multitasking yang perlu Anda tahu.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Percakapan Dengan Rekan Kerja

1. Matikan Gadget yang Tidak Diperlukan

Bila Anda seorang yang suka bekerja dengan memakai komputer, HP, tablet sekaligus. Sambil mengetik, Anda menjawab email, menerima chat di WA, bahkan menyempatkan diri main game saat bekerja. Anda harus memilih satu perangkat elektronik saja untuk fokus menyelesaikan pekerjaan.

2. Time Management

Buatlah time management atau pengaturan waktu yang baik. Anda harus tahu kapan waktunya pekerjaan harus dimulai dan selesai. Mengatur susunan pekerjaan harus terencana, jadi akan terhindar dari proses multitasking yang mengakibatkan pekerjaan tidak maksimal.

3. Menyusun Prioritas

Dengan menyusun prioritas dalam bekerja, Anda akan terhindar dari multitasking yang memusingkan. Susunlah skala prioritas pekerjaan yang mana harus selesai terlebih dahulu. Ini akan menghasilkan pekerjaan maksimal. Pekerjaan yang terorganisir dengan baik akan memuaskan hasilnya.

Baca juga: Berikut Tips Melakukan Multitasking yang Efektif

4. Fokus Pada Satu Pekerjaan

Ketika kita bisa fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu, kamu sebenarnya bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan lebih cepat. Fokus pada satu pekerjaan bisa meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan Anda. Orang-orang harus berhenti mengglorifikasi multitasking, tetapi justru fokuslah mengerjakan dan menyelesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu.

5. Buat Batasan

Batasan merupakan kunci yang harus Anda pegang ketika berusaha untuk lebih fokus. Misalnya seperti yang sebelumnya disebutkan, yakni dengan mematikan notifikasi ketika bekerja. Selain itu, cobalah buat ekspektasi yang ingin Anda capai ketika Anda ingin fokus menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu. Anda juga bisa membuat waktu terkait kapan Anda harus menyelesaikan tugas tersebut, lalu tegaslah menolak bantuan apabila Anda memang tengah menyelesaikan pekerjaan yang menjadi prioritas.

Sekian artikel tentang cara menghentikan kebiasaan multitasking. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Multitasking Itu Efektif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar