Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tanda Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang
Siker.id | 27 Dec 2021 13:00


Bagikan ke
Tanda kontrak kerja tidak diperpanjang. (siker)

siker.id - Bekerja tentu saja menjadi rutinitas yang dilakukan oleh hampir semua orang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ada banyak pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang, salah satunya adalah yang bekerja pada suatu perusahaan tertentu. Pekerjaan yang berdasarkan kontrak biasanya sangat berisiko apalagi bila kamu tidak dapat menunjukkan progres yang baik dalam pekerjaanmu. Risiko yang mungkin terjadi adalah pemutusan kontrak kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Berikut ini tanda-tanda bahwa kontrak kerja Anda tidak akan diperpanjang lagi.

Baca juga: Putus Kontrak Kerja? Wajib Lakukan Hal ini

1. Sering Ditegur Atasan, Wajib Jadi Perhatian Utama

Apakah belakangan waktu terakhir Anda seringkali ditegur oleh atasan? Jangan anggap sepele hal tersebut ya. Bisa jadi, ini merupakan indikasi utama – yang menandakan bahwa kontrak kerja Anda tidak akan diperpanjang. Hindari menganggap remeh teguran atasan, apalagi yang sudah terjadi secara terus-menerus. Sebab, atasan yang merasa kewalahan menghadapi ulah bawahan berstatus karyawan kontrak – biasanya akan memilih solusi untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut.

2. Muncul Pembicaraan Mengenai Kualitas Kerja

Sebenarnya, pembicaraan – atau sering juga disebut gosip di lingkungan kerja merupakan hal yang tak perlu terlalu dianggap serius. Namun, ada sejumlah gosip tertentu yang justru bisa menjadi kenyataan, salah satunya mengenai kualitas kerja Anda. Rumor yang berkembang tentang penurunan kualitas kerjamu dapat menjadi hal yang menunjukkan – kalau kontrak kerja tidak diperpanjang.

3. Progres Kerja Serasa Menurun

Setiap perusahaan tentunya menginginkan pegawai yang kompeten dan memiliki progres pekerjaan yang baik. Tentunya tidak ada yang menginginkan pegawainya mengalami penurunan secara kinerja. Anda harus ekstra hati-hati jika progres kerjamu mengalami penurunan yang tidak baik. Bisa jadi mungkin kontrak kerjamu tidak akan dapat diperpanjang kembali.

Baca juga: Apa Saja Tahap Awal Dalam Kontrak Kerja ?

4. Perekrutan pegawai baru mulai dilakukan

Setiap perusahaan memiliki sesinya tersendiri dalam merekrut pegawai baru. Biasanya hal ini tidak dilakukan secara terus menerus sebab harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Anda harus ekstra waspada bila perusahaan justru membuka perekrutan pegawai baru yang sesuai dengan posisimu. Bisa jadi hal ini justru menjadi sinyal bahwa kotnrak kerjamu tidak akan diperpanjang lagi.

5. Isu-isu PHK yang mulai berkembang

Dalam melihat adanya kemungkinan pemutusan kerja pada karyawan, biasanya akan ada banyak isu yang sudah banyak berkembang di kalangan pegawai. Anda tentu tidak boleh cuek atau tidak perduli dengan isu-isu tersebut begitu saja. Bisa jadi memang isu-isu tersebut merupakan sinyal bahwa akan ada pemutusan kontrak kerja yang dilakukan. Tentunya dengan mengetahui hal tersebut terlebih dahulu, Anda bisa mempersiapkan kemungkinan terburuk jika sampai di-PHK.

Sekian artikel tentang tanda tidak akan diperpanjang kontrak kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Perbedaan Pegawai Kontrak dan Outsourcing?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar