Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Bila Mulai Tidak Nyaman Pada Pekerjaan
Siker.id | 24 Dec 2021 18:15


Bagikan ke
Tips bila mulai tidak nyaman sama pekerjaan. (siker)

siker.id - Tidak menyukai dan merasa tidak betah dengan suatu pekerjaan adalah hal yang umum terjadi. Jika berada di keadaan seperti itu, kita mungkin berpikir ingin berhenti dan pergi begitu saja. Namun, mengundurkan diri dari pekerjaan kita saat ini bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan dan membuat kita mau tidak mau harus tetap bertahan. Masalahnya, bertahan di perusahaan atau dalam peran yang tidak kita sukai dapat berdampak besar pada kesehatan mental kita. Karenanya, jika berhenti dari pekerjaan bukanlah pilihan saat ini, penting untuk memprioritaskan kesehatan kita sendiri, dan itu tentu saja memerlukan strategi, baik di tempat kerja maupun di rumah. Berikut tips bila mulai tidak nyaman bekerja!

Baca juga: Berikut Ini 5 Tipe Penunda Pekerjaan

1. Berusahalah untuk selalu berpikir positif

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan hal-hal negatif, Anda membutuhkan kepositifan yang sama kuatnya untuk melawannya. Saat menghadapi lingkungan kerja yang tidak nyaman, cobalah untuk terus berpikir positif. Cara ini akan membantu Anda menghilangkan pikiran negatif saat bekerja dan terus berpikir jernih.

2. Jangan selalu membuat suasana kantor menjadi serius

Terkadang, mungkin ada suasana yang tidak menyenangkan di tempat kerja, bukan karena hal-hal negatif, tetapi karena Anda memiliki pendapat yang negatif. Maka dari itu, selain terus-menerus merasa stres dan banyak mengeluh, salah satu solusi nyaman yang bisa Anda coba adalah menjadi pribadi menarik yang bisa mengurangi parahnya suasana kerja. Cobalah bercanda dengan teman dekat Anda di tempat kerja untuk menghilangkan emosi negatif di pikiran Anda.

3. Catat semua pekerjaan dengan rapi dan teratur

Meskipun lingkungan kerja Anda sepenuhnya “beracun” atau penuh dengan emosi negatif, penting untuk mencatat semuanya dengan cara yang bersih dan terstruktur. Ketika atasan atau rekan kerja Anda menyerang kinerja Anda, dokumen kerja selalu dapat digunakan sebagai alat untuk membela diri. Cobalah mencatat diari harian Anda di kantor. Selain itu, cobalah untuk menyimpan email atau memo terkait pekerjaan yang dikirim oleh atasan dan kolega Anda.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Senang Menunda Pekerjaan?

4. Mengingat alasan kita

Jika kita tidak nyaman pada pekerjaan saat ini, kemungkinan besar itu terkait dengan pekerjaan itu sendiri, atau berhubungan dengan atasan atau rekan kerja kita. Jika itu masalahnya, cobalah untuk mengingat mengapa kita memulai pekerjaan yang kita jalani sekarang. Mengingat hasrat, tujuan, dan nilai-nilai yang menarik kita ke dalam pekerjaan itu dapat menjadi motivator untuk tetap berada di jalur, bahkan bisa saja menemukan peluang yang lebih baik.

5. Fokus pada pencapaian kecil setiap hari

Jika berhenti bukanlah pilihan untuk saat ini, mungkin akan sangat membantu jika kita mengubah pola pikir kita. Cobalah berfokus pada pencapaian kecil setiap hari yang membuat pekerjaan kita lebih dapat ditoleransi daripada membuat perubahan drastis pada karir. Kuncinya adalah dengan berfokus pada bagian yang sebenarnya berada dalam kendali kita.

Sekian artikel tentang tips bila tidak nyaman pada pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Yang Paling Dicari di Tahun 2021


Editor: Theo Adi -

     

Komentar