Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Membangun Tim Kerja yang Solid?
Siker.id | 23 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
Cara membangun tim kerja yang solid. (siker)

siker.id - Permasalahan terbesar dalam dunia kerja, selain membangun bisnis atau organisasi, bekerja profesional, pengelolaan keuangan, dan strategi bisnis, Anda juga dihadapkan pada kebutuhan akan adanya team building yang baik. Mengumpulkan banyak individu dan menempatkan mereka menjadi satu tidak serta-merta langsung memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Apalagi jika di dalam tim banyak yang ingin terlihat menonjol atau timbul persaingan tidak sehat. Berikut tips membangun tim kerja yang solid!

Baca juga: Berikut Beberapa Tips Mengelola Kerja Tim di Kantor

1. Punya Visi dan Misi yang Sama

Untuk menjangkau lebih jauh, jelas hal pertama yang harus Anda capai bersama rekan kerja lainnya adalah menyamakan visi dan tujuan. Baik pimpinan tim dan juga anggota lainnya harus memahami bahwa dalam hal ini, kepentingan tim lebih penting dibandingkan individu.

2. Membangun Rasa Percaya

Rasa percaya adalah kunci dari sebuah tim, karena sulit untuk menjadi tim yang sukses jika antar anggotanya memiliki rasa tidak percaya yang rentan akan konflik. Dampaknya akan fatar yang bisa kembali ke arah urusan individual masing-masing. Dengan rasa percaya, maka setiap orang dalam tim bisa mengemban tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan terlaksana dengan baik tanpa membebankan rekan lainnya.

3. Jalinan Komunikasi yang Lancar

Jadikan komunikasi antar rekan dalam tim berjalan dengan lancar. Dengan begitu akan terbentuk budaya yang positif kerja yang bisa saling membantu nantinya, seperti jika terjadi masalah atau kendala. Apalagi dengan teknologi yang ada saat ini, aplikasi chat dan perangkat yang kian canggih memungkinkan Anda tetap bisa berinteraksi dengan tim seputar pekerjaan agar terhindar dari salah paham.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

4. Berpikiran Terbuka untuk Menghindari Sifat Egois

Salah satu kelemahan dari team building adalah terlalu banyaknya individu yang tanpa sadar menggunakan pemikiran atau pendapat sendiri dalam memutuskan sesuatu. Kemudian mengatakan bahwa keputusan yang Anda buat ditujukkan untuk kesuksesan tim. Untuk menghindari hal tersebut, berpikiran terbuka menjadi kunci dalam menghilangkan pikiran yang merugikan Anda, serta dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara bersama-sama sebagai rekan satu tim, demi membuat tim yang unggul.

5. Melibatkan Tim dalam Setiap Keputusan

Agar dapat melakukan pembentukan tim kerja yang baik dan solid, Anda harus melibatkan tim dalam melakukan tindakan atau pengambilan keputusan. Dengan begini, anggota tim akan melihat bahwa Anda memimpin tanpa sekat, tidak berpihak pada individu tertentu, dan setiap anggota bisa menjadi pemberi keputusan yang sangat penting. Selain itu, memberikan diskusi yang baik antara pro dan kontra pada suatu permasalahan dapat menjadi cara lain dalam menghidupkan pemikiran atau ide baru dalam tim. Kemudian mengoptimalkan kemampuan berpikir.

Sekian artikel tentang tips membangun tim kerja yang solid. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Kiat Memotivasi Tim dan Membangun Solidaritas


Editor: Theo Adi -

     

Komentar