Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Solusi Bila Berkonflik Dengan Rekan Kerja
Siker.id | 24 Dec 2021 12:00


Bagikan ke
Solusi bila berkonflik dengan rekan kerja. (siker)

siker.id - Latar belakang keluarga dan berbagai karakter rekan kerja di suatu perusahaan pasti akan menimbulkan berbagai gesekan di antara satu sama lain. Perbedaan-perbedaan tersebut jika gak segera diatasi, maka akan menimbulkan suasana tidak nyaman di lingkungan kerja. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui dan mempelajari berbagai hal agar dapat menemukan solusi untuk menghadapi perbedaan itu. Berikut lima solusi bijak yang bisa Anda terapkan, jika berkonflik dengan rekan kerja di kantor.

Baca juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

1. Berhenti Menceritakan Keluhan

Hal inilah yang harus dihindari dalam bekerja, mengeluh juga menggambarkan pribadi kita akan sikap kita yang tidak professional dalam bekerja. Mengeluh akan sesuatu boleh-boleh saja asal tidak melibatkan orang lain dan menimbulkan konflik antara pekerja lainnya.

2. Menghindari Konflik Antar Pribadi

Kita harus bersikap professional dalam menghadapi konflik personal yang kerap terjadi dilingkungan kerja. Dalam artian kalian harus bisa memisahkan antara masalah personal dan masalah pekerjaan tanpa melibatkan emosi, dan menghadapi setiap masalah dengan sudut pandang yang berbeda.

3. Bersikaplah yang terbuka

Cobalah membuka diri. Anda bisa mulai dengan cara menjadi pendengar yang baik untuk rekan kerja yang sedang berkonflik dengan Anda. Sikap keterbukaan ini penting untuk dilakukan agar suasana lingkungan kantor damai. Jika ada rekan yang sedang berpendapat, sebaiknya berusahalah untuk menanggapi dan menghargai setiap pendapatnya.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Konflik Dengan Rekan Kerja

4. Selesaikan semua masalah yang terjadi secara mandiri

Ketika terjadi masalah di antara Anda dan rekan kerja. Anda tidak perlu selalu menunggu atasan membuat keputusan untuk menemukan solusinya. Jangan selalu bergantung pada atasan atau pimpinan Anda. Oleh karena itu, mulai belajarlah dalam menentukan keputusan yang tepat untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang terjadi di tempat kerja. Selagi bisa menyelesaikan secara mandiri, itu akan lebih baik.

5. Belajar untuk mengalah

Mempertahankan pendapat tak ada salahnya. Namun, belajar bersikap terbuka dan mengalah sewaktu-waktu patut dilakukan saat pendapat diri sendirilah yang salah atau kurang tepat, ada hal yang lebih mendesak, dan rekan sejawat kita justru butuh bantuan.

Sekian artikel tentang solusi saat berkonflik dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tanda Rekan Kerja Membencimu


Editor: Theo Adi -

     

Komentar