Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Kekurangan Work From Home
Siker.id | 24 Dec 2021 09:15


Bagikan ke
Kekurangan dari work from home. (siker)

siker.id - Work from home atau bekerja dari rumah sedang gencar digalakan akibat situasi yang tidak kondusif belakangan ini. Namun sebenarnya Work from Home (WFH) sudah ada sejak dulu. Hanya saja tidak banyak perusahaan yang menerapkannya karena berbagai pertimbangan. WFH sendiri memiliki beberapa macam model pelaksanaan. Ada perusahaan yang tetap menerapkan jam kerja seperti halnya bekerja di kantor. Ada juga perusahaan yang membebaskan jam kerja kepada karyawannya asalkan pekerjaan selesai pada jam tertentu.Selain ternyata memiliki keuntungan ternyata WFH juga ada kekurangannya. Berikut ini kekurangan dari WFH.

Baca juga: Simak ! Keuntungan Kerja WFH

1. Susah Memonitoring Karyawan

Untuk memonitoring pekerja saat melakukan WFH lebih susah ketimbang bekerja di kantor secara langsung. Jika perusahaan Anda sudah memiliki sistem yang baik untuk memonitor setiap pekerja dan tidak terlalu kaku dalam hal peraturan, maka ini bukan menjadi masalah yang besar.

2. Banyaknya Gangguan

Tidak setiap pekerjaan yang dilakukan dari rumah bisa berjalan dengan mulus. Banyak sekali gangguan terutama dari anak dan keluarga, belum lagi orang-orang disekitar yang menganggap hanya di rumah nganggur saja padahal sebenarnya sedang kerja secara remote. Hal ini bisa mengurangi motivasi karyawan dalam bekerja

3. Biaya Listrik dan Internet di Rumah Besar

Ketika bekerja di kantor, perusahaanlah yang menanggung biaya listrik dan internet. Namun, berbeda halnya ketika karyawan bekerja di rumah, karena kemungkinan biaya listrik dan internet akan membengkak lantaran pemakaian terus-menerus. Guna meminimalisir kerugian work from home ini, sebaiknya Anda memang memiliki budget khusus supaya tagihan tidak membengkak.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

4. Timbul Masalah Keamanan Data

Koneksi W-Fi di rumah sangat lambat? Ya, dalam keadaan tertentu, mungkin Anda perlu untuk menggunakan akses internet di area publik. Namun, sebaiknya berhati-hati, ya. Sebaiknya tidak memberikan alamat email atau nomor ponsel ketika hendak mengakses Wi-Fi publik gratis karena dapat menimbulkan masalah keamanan data. Di sisi lain, ketika sedang work from home, kuncilah selalu laptop yang dimiliki dan berhati-hatilah ketika membuka dokumen atau ketika sedang memasukkan kata sandi.

5. Rentan Miskomunikasi

Work from Home mengharuskan Anda mengirim laporan dan segala macam pekerjaan secara daring atau online. Salah satu kekurangan menggunakan jaringan internet adalah tidak stabil. Sehingga kemungkinan terjadi miskomunikasi sangat tinggi.

Sekian artikel tentang kekurangan work from home. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghadapi Rekan Kerja Yang Suka Mengatur


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar