Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Menghadapi Pelecehan di Tempat Kerja
Siker.id | 22 Dec 2021 20:15


Bagikan ke
Tips menghadapi pelecehan di tempat kerja. (siker)

siker.id - Peraturan tentang pelecehan seksual di lingkungan kerja di Indonesia mungkin belum sebaik negara-negara maju. Begitu juga dengan sosialisasi dan implementasinya di antara para karyawan. Tak jarang kita terjebak dalam situasi yang sebenarnya dapat dikategorikan sebagai pelecehan, misalnya guyonan vulgar yang membuat kita merasa malu atau tersinggung. Namun kita tidak yakin bagaimana harus menanggapinya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika mendapatkan perlakuan tak menyenangkan dari lawan jenis di kantor.

Baca juga: Berikut Tips Mencari Tempat Kerja Yang Nyaman

1. Tunjukkan Jika Merasa Keberatan

Sebagai korban, menyuarakan apa yang dirasakan memang sulit. Namun, kamu harus berani untuk menunjukkan bahwa kamu merasa keberatan. Ini supaya mereka tahu kalau kamu tidak suka diperlakukan seperti itu dan tindakan mereka sudah melebihi batas.

2. Bicarakan Kepada Orang Lain

Tak ada salahnya untuk menceritakan apa yang kamu alami di tempat kerja. Kamu bisa mencurahkan perasaanmu kepada orang yang kamu percayai, misalnya rekan atau atasan kantor, keluarga, dan pasangan.

Berbagi cerita dengan orang lain bisa membuatmu merasa lega dan tidak sendirian dalam menghadapi masalah ini. Kamu juga bisa mendapatkan dukungan dan saran dari mereka.

3. Tuliskan

Segera setelah kamu mengalami tindakan pelecehan, tuliskan apa yang sebenarnya terjadi. Jelaskan kronologi kejadian sespesifik mungkin, catat tanggal, tempat, waktu, dan saksi. Saat kamu melapor, tuliskan kepada siapa kamu melapor, apa yang dikatakan orang itu, dan apa yang terjadi sebagai tanggapannya.

Baca juga: Berikut Pertimbangan Dalam Memilih Tempat Magang

4. Bekerja Sama dengan Korban Lain

Jika kamu bukan satu-satunya karyawan yang mengalami pelecehan, mintalah rekan kerja sesama korban untuk juga menuliskan dan melaporkan insiden mereka sendiri. Jika mereka merasa tidak nyaman melakukannya, sebutkan saat kamu melaporkan bahwa kamu yakin orang lain telah dilecehkan juga.

5. Tegas dan Percaya Diri

Seorang pengganggu dan yang suka melecehkan biasanya kerap senang menyakiti orang lain. Jadi senjata terbesar yang dibutuhkan adalah kekuatan. Jangan sampai menangis dan menyerah saat diancam oleh orang-orang tersebut. Memang wajar jika merasa tertekan dengan perlakuan mereka, namun jika menunjukkan bahwa diri Anda lemah dan rentan, mereka justru akan memanfaatkan kelemahan tersebut. Oleh karena itu Anda harus yakin, percaya diri dan tegas memberitahu mereka untuk tidak memperlakukan Anda seperti itu lagi.

Sekian artikel tentang tips menghadapi pelecehan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Indikator Kepuasan Kerja Karyawan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar