Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kenali Bahaya Rebahan Setelah Makan
Siker.id | 28 Feb 2024 13:17


Bagikan ke
Ilustrasi rebahan(siKer.id/dok.freepik)

siKer.id- Apa yang kamu lakukan setelah makan? terkadang kita merasa mengantuk dan ingin beristirahat. Karena alasan ini, tak sedikit yang langsung rebahan setelah makan. Sayangnya, rebahan setelah makan adalah larangan besar bagi tubuh.Tubuh mencerna makanan paling baik dalam posisi tegak, yang memungkinkannya menyerap makanan dengan mudah. Jadi, kamu harus duduk tegak tepat setelah makan. Kamu baru boleh berbaring setidaknya 2 jam setelah makan, karena langsung rebahan setelah makan dapat menyebabkan banyak gangguan pada tubuh. Berikut bahaya rebahan setelah makan

Baca juga : Manfaat Mengonsumsi Jus Wortel Bagi Kesehatan

1. Penyakit Asam Lambung

Tidak hanya makanan yang naik, asam lambung juga akan ikut naik. Ini merupakan kondisi saat apa yang ada di dalam perut naik kembali ke kerongkongan, yang memungkinkan asam lambung naik dan menciptakan sensasi terbakar yang akan kamu rasakan di tenggorokan.Intinya, rebahan setelah makan memicu masalah pencernaan karena kamu tidak dalam posisi tegak yang merupakan cara terbaik bagi tubuh untuk mencerna makanan.

2. Susah Tidur

Setelah makan besar, tubuh perlu menggunakan energi untuk proses pencernaan, yang biasanya memakan waktu beberapa jam. Namun, aktivitas pencernaan biasanya melambat saat tidur, sehingga proses tidur normal tubuh bertentangan dengan kebutuhan perut untuk pencernaan. Berbaring setelah makan akan membuat susah tidur, terutama makanan yang berlemak

Baca juga : Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman

3. Kenaikan Berat Badan

Rebahan setelah makan bisa membuatmu cenderung untuk menjadi kurang aktif. Ini dapat mengganggu pembakaran kalori dan memicu penambahan berat badan jika menjadi kebiasaan.

4. Gangguan Pernapasan

Posisi rebahan setelah makan, terutama jika makanan yang dimakan adalah makanan berat dan berlemak, bisa memberikan tekanan pada diafragma dan mengganggu pernapasan.

5. Gangguan Jantung

Menyantap makanan berat dan kemudian tiduran dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung, terutama pada orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Untuk menghindari bahaya rebahan setelah makan, disarankan untuk tetap duduk atau berdiri setidaknya 30 menit hingga satu jam setelah makan. Ini akan membantu pencernaan berlangsung dengan lancar dan mencegah gejala tidak nyaman terkait dengan gangguan pencernaan. Juga, penting untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang wajar dan menghindari makan terlalu berat sebelum tidur.

Baca juga : Mendengarkan Musik Baik untuk Otak. Ini Alasannya


Editor: Safira -

     

Komentar
Pencarian