Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 5 Games Team Building Untuk Kerjasama Tim
Siker.id | 14 Dec 2021 14:15


Bagikan ke
Games tim building untuk membentuk kerjasama tim. (siker)

siker.id - Aktivitas team building diadakan untuk mempersatukan para pegawai dari berbagai divisi berbeda agar tercipta keharmonisan dalam perusahaan serta mengembangkan kerja sama tim. Namun demikian, seringkali aktivitas yang direncanakan kurang seru atau tidak berhasil menciptakan platform yang dapat menyatukan para pegawai perusahaan. Banyak perusahaan merancang aktivitas team building berdasarkan pertimbangan yang sangat praktis, yaitu biaya dan manfaat (cost & benefit). Berikut ini beberapa games team building yang bisa Anda coba dikantor!

Baca juga: Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building

1. Ice Breaking

Seperti namanya, yang berarti pemecah kebekuan, permainan ini berguna untuk menghilangkan ketegangan peserta. Tujuannya adalah menstimulus antusiasme (pemanasan) bagi peserta, agar siap mengikuti seluruh kegiatan berikutnya. Permainan yang sangat dikenal di dunia pelatihan (training), outbound, workshop dan sejenisnya ini, terdiri atas pencanangan komitmen kegiatan (goal setting), pembagian kelompok, juga soliditas kelompok. Ice breaking biasanya diisi dengan beberapa permainan yang mengundang tawa, namun tetap mengajak pesertanya untuk berkonsentrasi mengikuti arahan dari instruktur.

2. Permainan Konsentrasi

Permainan menyenangkan ini adalah cara terbaik untuk menyegarkan otakmu kembali. Selain tidak membutuhkan banyak waktu, permainannya cukup mudah yaitu dengan saling bertukar 10 hal dari teman yang lain seperti misalnya perhiasan, melepas tali sepatu, perbedaan gaya rambut dan lainnya. Permainan ini akan menstimulasi pikiran dan menantang memori kamu tapi tentunya meningkatkan rasa kedekatan satu sama lain.

3. Permainan Role Play

Bentuk kelompok yang terdiri dari tiga sampai delapan orang dan masing-masing kelompok mendapatkan goodie bag. Tas tersebut berisi 6-10 barang-barang acak yang akan digunakan untuk tampil sesuai tema yang ditentukan. Misalnya yang berhubungan dengan pekerjaan seperti sedang rapat, pura-pura sedang mengerjakan acara, dan sebagainya. Contohnya stapler sebagai mikropon atau pulpen sebagai tongkat. Kreatifitas sangat dibutuhkan untuk menyulap barang-barang yang ada menjadi seperti barang yang sebenarnya. Pemenang akan ditentukan berdasarkan penampilan terbaik. Permainan ini akan membangkitkan kolaborasi dan kerja sama tim, serta menimbulkan rasa nyaman satu sama lain karena tidak lagi merasa jaim.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

4. Gambar Tanpa Suara

Setiap anggota tim secara bergiliran mengambil sebuah kartu dari dalam toples. Kemudian ia harus menggambarkan apa yang tertera pada kartu yang dipilih. Tingkat kesulitan dapat diatur berdasarkan apakah anggota yang bertugas menggambar diperbolehkan untuk menggunakan suara atau memberikan petunjuk kata yang tidak secara langsung membocorkan jawabannya.

5. Back-to-Back Drawing

Bagi tim menjadi pasangan, dengan masing-masing anggota duduk berpunggungan dengan pasangannya. Satu anggota akan diperlihatkan sebuah gambar, yang kemudian harus ia deskripsikan menggunakan bentuk, tampilan, dan warna tanpa menyebutkan nama bendanya. Anggota lainnya akan menggambar suatu benda sesuai deskripsi sang pasangan.

Sekian artikel tentang games team building. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Game Asah Otak Untuk Mengurangi Kejenuhan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar