Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ini 7 Kesalahan dalam Membuat CV yang Harus Dihindari
Siker.id | 25 Oct 2023 08:30


Bagikan ke
Ilustrasi CV (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Curriculum Vitae (CV) merupakan dokumen penting dalam proses melamar pekerjaan. CV yang baik dapat membuatmu menonjol di antara pesaing dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun, terdapat ciri-ciri CV yang tidak baik yang dapat mengurangi kesan positif dan menghambat proses seleksi. Berikut adalah ciri-ciri CV yang tidak baik yang perlu dihindari.

Baca juga: 4 Kesalahan Umum Saat FGD yang Harus Dihindari

1. Tidak Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Salah satu kesalahan umum adalah menyertakan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang dilamar. Terkadang, pelamar mencantumkan semua pengalaman kerja mereka tanpa mempertimbangkan keterkaitannya dengan posisi yang diinginkan. Hal ini dapat membuat CV terlihat tidak fokus dan membuat perekrut sulit untuk melihat kualifikasi yang relevan.

2. Tidak Terstruktur dengan Baik

CV yang tidak terstruktur atau tidak rapi dapat memberikan kesan yang tidak profesional dan mengurangi kemudahan membaca dan mencari informasi yang penting. Jika CV tidak terstruktur dengan baik, sulit bagi perekrut untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat.

3. Tidak Menjelaskan Pencapaian dengan lengkap

Mencantumkan pencapaian tanpa menjelaskan tautan antara posisi dan pencapaian tersebut merupakan kesalahan yang sering terjadi. Jika kamu mencantumkan pencapaian, tetapi tidak menjelaskan peran dan tanggung jawab yang kamu miliki dalam mencapainya, perekrut mungkin merasa bingung atau tidak memahami konteks pencapaian tersebut.

4. Tidak Menyoroti Keterampilan yang Relevan

Jika CV tidak menyoroti keterampilan yang relevan dengan posisi yang dilamar, perekrut mungkin tidak melihat nilai yang kamu miliki sebagai kandidat yang potensial. Terlalu fokus pada pengalaman kerja tanpa memberikan penekanan pada keterampilan yang relevan dapat mengurangi daya tarik CV.

Baca juga: Perhatikan 7 Kesalahan ini dalam Menulis Cover Letter

5. Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek

Panjang CV yang tidak proporsional dapat menjadi masalah. CV yang terlalu panjang dapat membuat perekrut kesulitan mencari informasi penting dalam waktu singkat. Di sisi lain, CV yang terlalu pendek dapat memberikan kesan bahwa kamu kurang pengalaman atau tidak serius.

6. Tidak Memerhatikan Detail

Kesalahan umum lainnya adalah tidak memerhatikan detail dan ketelitian dalam penyusunan CV. Hal ini dapat termasuk kesalahan ejaan, tata bahasa yang buruk, atau informasi yang tidak akurat atau terbaru. CV yang tidak rapi atau tidak terperinci dapat memberikan kesan kurang profesional dan kurangnya perhatian terhadap detail.

7. Tidak Menyesuaikan CV dengan Perusahaan yang dilamar

Tidak menyesuaikan CV dengan perusahaan atau industri yang kamu lamar dapat mengurangi kesan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. CV yang umum dan tidak mencerminkan minat atau pengetahuan tentang posisi yang dilamar merupakan ciri CV yang kurang baik.

Untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, penting untuk menghindari ciri-ciri CV yang tidak baik. Pastikan CV kamu relevan dengan posisi yang dilamar, terstruktur dengan baik, menjelaskan tautan antara posisi dan pencapaian, menyoroti keterampilan yang relevan, memiliki panjang yang proporsional, memperhatikan detail dan ketelitian, serta disesuaikan dengan posisi yang di lamar. Dengan menghindari kesalahan tersebut, kamu dapat meningkatkan kesan positif yang kamu berikan kepada perekrut dan meningkatkan peluang untuk dalam mencari pekerjaan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Hindari 7 Gesture Tubuh Ini Saat Interview Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar