Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Pertanyaan Umum Interview Kerja dan Contekan Jawabannya
Siker.id | 16 Oct 2023 10:45


Bagikan ke
Ilustrasi Interview Kerja (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Interview kerja seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para pencari kerja. Pasalnya, tahap wawancara ini menjadi momen krusial yang menentukan apakah kandidat dapat lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari dan berlatih wawancara agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan HRD maupun user dengan baik dan lancar.

Baca juga: Pelajari 5 Pertanyaan Ini Saat Interview dan Cara Jawabannya

Berikut daftar pertanyaan umum interview kerja yang sering ditanyakan oleh interviewer beserta contoh jawabannya:

1. "Ceritakan tentang diri Anda!"

Pertanyaan ini hampir selalu diajukan saat wawancara kerja, tujuannya yaitu untuk memberikan kesempatan kepada kandidat untuk memperkenalkan dirinya. Mulailah dengan memperkenalkan identitas diri, kemudian menjelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Apabila belum memiliki pengalaman, kamu bisa menceritakan tentang pengalaman organisasi atau apa saja skill yang dipelajari saat menempuh pendidikan sebelumnya.

Lalu, tunjukkan bagaimana latar belakang atau pengalaman tersebut relevan dengan posisi yang Anda lamar. Pastikan Anda menjawab pertanyaan ini secara singkat, jelas, dan hanya memberikan informasi yang dibutuhkan saja.

Contoh jawaban:

"Perkenalkan nama saya [Nama], saya lulus dari [Nama Universitas/Sekolah] dengan gelar dalam [Bidang Studi]. Selama menempuh studi, saya aktif dalam [Kegiatan Organisasi atau Ekstrakurikuler] di mana saya belajar tentang [Keterampilan atau Pengetahuan Penting]. Setelah lulus, saya kemudian bekerja di [Perusahaan atau Organisasi] sebagai [Posisi/Jabatan], di mana saya memiliki tugas atau tanggung jawab untuk [Deskripsi Tugas atau Pekerjaan]. Selama bekerja, saya berhasil mencapai [Prestasi atau Pencapaian Tertinggi]. Saya yakin dapat berkontribusi lebih di [Nama Perusahaan] dengan keterampilan [Deskripsi Keterampilan] yang saya miliki."

2. "Apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan kami?"

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengulik tentang apa yang menjadi motivasi kandidat dan seberapa serius mereka dalam melamar posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Pastikan kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan sebelumnya, lalu jelaskan aspek diri yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Terakhir, deskripsikan tentang bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Contoh jawaban:

"Saya tertarik untuk bekerja di perusahaan ini karena saya mengetahui reputasi perusahaan yang unggul dalam bidang [Industri atau Spesialisasi]. Saya percaya bahwa [Visi, Misi, Nilai, atau Budaya] perusahaan sejalan dengan [Nilai atau Aspek diri] saya. Selain itu, saya terinspirasi oleh [Pencapaian atau Proyek Terbaru Perusahaan] dan saya yakin dengan [Sebutkan Pengalaman atau Pengetahuan] yang saya miliki, saya dapat turut serta untuk berkontribusi dalam memajukan perusahaan ini."

Baca juga: 10 Pertanyaan Dapat Ditanyakan saat Interview Kerja

3. "Apa Kekuatan dan Kelemahan Anda?"

Pertanyaan ini menguji seberapa dalam kamu mengenali potensi dan kekurangan diri sendiri. Perusahaan ingin mengetahui apakah kamu kandidat yang mampu mengatasi kelemahan dan memanfaatkan kelebihan yang ada sebagai kekuatan diri kamu sendiri.

Coba jelaskan kelebihan diri yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Berikan juga contoh konkret tentang apa yang menjadikanmu kandidat kuat dalam bidang pekerjaan tersebut. Kemudian, sebutkan kelemahan yang kamu miliki dan jelaskan bagaimana kamu dapat mengatasi kelemahan tersebut sehingga dapat terus berkembang.

Contoh jawaban:

"Kekuatan saya adalah kemampuan berpikir secara kritis dan dapat berkomunikasi dengan baik. Saya terbiasa mencari solusi efektif dari permasalahan kompleks yang saya hadapi. Selain itu, saya juga dapat menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan anggota tim sehingga dapat menyelesaikan projek dengan hasil yang memuaskan. Saya juga memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, karena saya sering memimpin rapat dan menjadi orang penting yang diandalkan dalam hal membuat keputusan. Sedangkan kelemahan saya yaitu saya mudah terbagi fokus ketika mendapat beban pekerjaan yang banyak. Untuk mengatasinya, saya belajar untuk memprioritaskan tugas yang penting dan mengerjakannya satu-satu sehingga pekerjaan dapat selesai secara efisien."

4. "Apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang tepat untuk posisi ini?"

Dalam hal ini, perusahaan ingin mengetahui kelayakan kamu dalam posisi pekerjaan yang kamu lamar. Jelaskan pengalaman, keterampilan, dan minat yang kamu miliki yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab pada posisi pekerjaan ini. Pastikan kamu telah memahami tentang seluk beluk posisi pekerjaan yang kamu lamar dan mengaitkannya dengan potensi diri.

Contoh jawaban:

"Saya merasa saya adalah kandidat yang tepat untuk posisi pekerjaan ini, karena saya memiliki pengalaman dan keterampilan dalam [Bidang atau Industri]. Saya juga memiliki keahlian dalam [Jelaskan Keterampilan atau Pengalaman yang Relevan] yang dapat membantu saya untuk menjalankan tanggung jawab di posisi pekerjaan ini. Oleh karena itu, saya yakin saya dapat memberikan kontribusi terbaik saya dan dapat berkembang bersama [Nama Perusahaan]."

5. "Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun ke depan?"

Sesi pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tahu gambaran tentang karir jangka panjang yang ingin kamu capai. Perusahaan ingin mengetahui apakah kamu adalah pribadi yang memiliki rencana yang sejalan dengan perusahaan, atau hanya sekadar mencari kerja. Jelaskan tentang aspirasi karir kamu lima tahun ke depan dan tunjukkan bagaimana kamu berencana untuk berkembang serta memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Contoh jawaban:

"Dalam lima tahun ke depan, saya berharap dapat terlibat dalam peran penting yang memberikan kontribusi signifikan dalam memajukan pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan ini. Saya berambisi untuk terus mengembangkan keterampilan saya, sehingga dapat memegang posisi jabatan [Sebutkan Nama Posisi/Jabatan] di mana saya menerapkan skill kepemimpinan saya dan memimpin anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Saya yakin bahwa dengan dedikasi dan kerja keras yang kuat, saya dapat mencapai tujuan karir saya dan memberikan inovasi berharga bagi perusahaan."


Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam sesi wawancara kerja memang terkadang tidak terduga. Namun ada baiknya tetap mempersiapkannya sedari awal sehingga dapat mengidentifikasi contoh jawaban yang relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang dilamar. Tetaplah tenang, fokus, dan berikan jawaban yang jujur saat proses interview kerja. Jangan lupa berikan impresi baik dan tersenyum agar kamu dapat diingat oleh interviewer sehingga dapat memperbesar peluang untuk diterima kerja.

Demikian pembahasan mengenai daftar pertanyaan umum yang biasa diajukan saat interview kerja beserta contoh jawabannya. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Berikut Pertanyaan Yang Biasa Ditanyakan HRD Saat Wawancara


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar