Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Beberapa Tips Mengelola Kerja Tim di Kantor
Siker.id | 13 Dec 2021 14:45


Bagikan ke
Tips cara mengelola kerja tim di kantor. (siker)

siker.id - Tidak dapat ditampik bahwa perubahan-perubahan terhadap cara kerja selalu diperbaharui untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Ide-ide segar bermunculan memberikan nilai tambah pada efektifitas kinerja karyawan. Salah satu yang menjadi konsen pekerja adalah adanya konflik. Konflik bisa timbul karena sinergi yang lemah di antara karyawan sehingga produktivitas kerja pun menurun. Maka, manajemen perlu selalu memperbaharui dan menemukan cara kerja terbaik. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan membentuk tim kerja atau teamwork. Berikut ini cara mengelola kerja tim di tempat kerja sehingga konflik bisa diminimalisir!

Baca juga: Berikut Tips Membangun Kerjasama Virtual Team Building

1. Mempertahankan Komunikasi yang Baik

Karyawan ingin selalu mengetahui perkembangan dan informasi terbaru mengenai project, tujuan dan deadline yang ditetapkan. Untuk itu, sangat penting jika Anda berkomunikasi dengan baik dengan karyawan mengenai apa yang sedang terjadi pada perusahaan. Selain itu, berikan juga feedback bagi setiap progress yang dilakukan karyawan. Dengan demikian, karyawan merasa dihargai dan bisa “dekat” dengan Anda.

2. Bangun Hubungan Kerja yang Positif

Cara mengelola tim kerja yang efektif berikutnya adalah dengan mengenal anggota tim kerja tersebut secara individual. Mengenal di sini bukan hanya pada level profesional, melainkan lebih ke level personal sehingga hubungan kerja pun akan terarah lebih baik.

3. Pahami Kekurangan dan Kelebihan Kita

Karena itu, untuk menjadi penyelia alias supervisor yang hebat, kita harus terlebih dahulu mengetahui kekuatan kita. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri ini adalah tentang mengekspresikan kepribadian terbaik kita. Untuk mengekspresikan yang terbaik dari diri kita dalam kehidupan dan pekerjaan, kita harus mengidentifikasi dan mengaplikasikan kelebihan yang kita miliki. Memahami kekuatan kelemahan dapat membantu kita menstabilkan kehidupan pribadi dan memelihara interaksi profesional kiri.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Kerjasama Tim?

4. Pahami Kelemahan Bawahan Kita

Kedua, pahami kelemahan bawahan kita. Mengetahui kelemahan orang adalah atribut utama dalam mengelola orang. Sangat penting sebagai supervisor untuk mencapai keseimbangan antara over-managing dan under-managing. Mengamati karyawan kita seperti elang mengamati mangsa, melakukan micro-manage, dapat membuat mereka merasa tertekan dan kurang produktif. Sementara itu, kurangnya informasi, briefing atau nasihat dapat membuat mereka merasa tidak mampu melakukan pekerjaan dengan baik.

5. Rancang Pekerjaan

Buatlah rancangan pekerjaan atau misi apa saja yang harus dilakukan oleh setiap anggota tim kerja untuk mencapai visi tim. Desain pekerjaan dapat berupa rincian tugas dan pembagiannya, memberikan skala prioritas, serta timeline.

6. Kolaborasi

Tim tanpa kolaborasi mungkin bisa dikatakan nothing. Kolaborasi memungkinkan sharing skills antara anggota tim dengan memberikan kontribusi yang berbeda-beda dari setiap anggota tim pada pekerjaan. Sehingga, setiap anggota tim saling melengkapi dalam menyelesaikan misi. Bekerjasama memungkinkan pekerjaan selsesai dengan efektif, tepat waktu daripada bekerja secara individu.

Sekian artikel tentang tips mengelola kerja tim dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Mengelola Kerja Shift Malam


Editor: Theo Adi -

     

Komentar