Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Peluang Karier untuk Orang dengan Kecerdasan Interpersonal
Siker.id | 13 Oct 2023 16:45


Bagikan ke
Ilustrasi Kecerdasan Interpersonal (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja, memiliki kecerdasan secara akademis saja tidaklah cukup. Banyak aspek-aspek penting lainnya yang harus dimiliki seseorang agar dapat membantunya survive di dunia kerja, seperti kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lainnya. Kemampuan ini menandakan bahwa seseorang memiliki kecerdasan interpersonal.

Kecerdasan interpersonal atau bisa disebut dengan kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang merujuk pada kemampuan seseorang untuk menjalin ikatan dan terhubung dengan orang lain. Kemampuan ini meliputi kemampuan untuk dapat berkomunikasi, berempati, mengelola konflik, memotivasi, memimpin, bernegosiasi dan juga berkolaborasi dengan tim. Hal ini tentunya sangat penting untuk diterapkan dalam dunia kerja dimana seseorang akan bertemu dan membangun relasi dengan banyak orang. Kecerdasan ini dapat membantu untuk cepat memahami emosi orang lain dan menentukan cara yang sesuai untuk berinteraksi dengan mereka.

Baca juga: 7 Manfaat Memiliki Kemampuan Interpersonal yang Baik

Ada banyak peluang karier yang dapat dipilih untuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal ini. Pekerjaan tersebut biasanya melibatkan keterampilan untuk berinteraksi dengan orang lain. Apa saja pilihannya? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Psikoterapis atau Konselor

Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan dan diterpa berbagai permasalahan yang berat dalam hidupnya. Oleh karena itu, profesi menjadi terapis atau konselor merupakan salah satu pilihan tepat bagi orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi. Pekerjaan sebagai terapis membutuhkan kemampuan untuk merasakan gejolak emosi, berempati, mendengarkan, dan juga memahami pikiran orang lain secara mendalam.

Mereka dapat membantu klien untuk memahami dan mengatasi perasaan juga konflik emosional yang mereka rasakan dengan melakukan komunikasi Terapeutik. Terapi ini berguna untuk menjalin hubungan dengan klien sehingga dapat mengetahui akar permasalahan dan mengidentifikasi kebutuhan klien tersebut. Kemudian mereka akan memberikan rencana perawatan yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2. Guru dan Pengajar

Dunia pendidikan membutuhkan orang yang tidak hanya unggul dalam akademis, namun juga memiliki tingkat kecerdasan interpersonal yang tinggi. Seorang guru akan menggunakan kecerdasan interpersonal mereka untuk terhubung dengan anak didik mereka sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan secara efektif. Mereka perlu memahami karakteristik masing-masing siswanya demi menciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk mereka belajar.

Menjalin komunikasi dengan anak didik penting untuk dapat memahami apa yang mereka rasakan sehingga dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang sesuai dengan masing-masing anak. Selain itu, seorang guru juga dapat menerapkan kecerdasan interpersonal mereka untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, wali murid, dan pemangku kepentingan lainnya dalam dunia pendidikan. Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi perilaku siswa yang negatif atau membangkang, mendiskusikan tentang program pembelajaran, dan juga berurusan dengan orang-orang yang berkaitan dengan pekerjaan mereka.

3. Pengacara

Bukan hal yang mengherankan apabila seorang pengacara wajib memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Pekerjaan sebagai pengacara memiliki risiko yang tinggi karena harus menyusun argumen hukum yang valid agar dapat meyakinkan hakim, juri, dan ahli hukum di meja persidangan. Mereka perlu mempunyai skill mengadvokasi, ahli bernegosiasi, mampu mengutarakan pendapat mereka dengan efektif, dan juga memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi.

Selain itu, agar bisa tetap unggul di bidang ini, mereka juga perlu memiliki rasa empati yang tinggi untuk memahami klien dan penasihat lawan sehingga dapat menjamin hak-hak klien sebagai korban, tersangka, maupun terdakwa. Kemampuan untuk bersikap tenang, mengelola emosi, dan dapat 'menyetir' jalannya persidangan juga menjadi nilai tambah bagi pengacara hukum yang memiliki kecerdasan interpersonal.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Interpersonal dengan 7 Tips ini!

4. Public Relations (PR)

Seorang public relations atau dikenal dengan sebutan PR harus memiliki kecerdasan interpersonal yang kuat. Hal ini karena tugas mereka akan selalu melibatkan hubungan dengan orang lain. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga reputasi perusahaan tempat mereka bekerja dengan cara membangun dan mempertahankan hubungan yang harmonis dengan klien, media, dan juga publik.

Kecerdasan interpersonal dalam hal ini sangat berpengaruh untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dan membangun citra yang positif. Mereka dapat menerapkan komunikasi strategis yang mempengaruhi publik terhadap perusahaan atau merek tertentu sehingga dapat mendatangkan profit bagi perusahaan. Dalam hal ini, seorang PR berperan sebagai wajah perusahaan yang berarti menjadi orang yang bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan dan menjaga hubungan positif dengan pihak lainnya.

5. Pengusaha atau Pebisnis

Kemampuan interpersonal yang kuat juga merupakan aspek krusial bagi pengusaha dalam membangun bisnisnya. Sebagai seorang pengusaha, tentunya memerlukan skill ini untuk membangun relasi bisnis, melakukan kerja sama, dan mampu bernegosiasi untuk kepentingan kedua belah pihak yang berbisnis. Hal ini berarti mampu untuk menempatkan diri saat berkomunikasi dengan klien ataupun pihak relasi bisnis yang berujung pada peningkatan profit atau perkembangan bisnis mereka.

Tak hanya itu, mereka dapat memperluas pasar bisnis mereka dengan menerapkan kecerdasan interpersonal yang mereka miliki. Dengan cara tersebut, mereka dapat menemukan peluang bisnis baru yang dapat berdampak pada kemajuan bisnis.

Kecerdasan interpersonal adalah aset berharga yang dimiliki oleh seseorang. Orang yang memiliki kecerdasan ini dapat menjalin komunikasi yang baik, membangun hubungan relasi, dan dapat mengelola interaksi sosial dengan efektif. Dalam membangun karier, seseorang perlu mengoptimalkan kemampuan ini untuk dapat meningkatkan peluang sukses dalam berkarier.

Demikian pembahasan mengenai peluang dan pilihan karier yang cocok untuk orang dengan kecerdasan interpersonal. Semoga dapat memberikan manfaat dan informasi baru. Sekian dan terima kasih.

Baca  juga: Lakukan Hal Ini Untuk Memperkuat Hubungan Interpersonal


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar
Pencarian