Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Sastra Indonesia, Lulus Jadi Apa? Simak Prospek Kerjanya
Siker.id | 09 Oct 2023 11:15


Bagikan ke
Ilustrasi Sastra Indonesia (siker.id/dok. Freepik)

siker.id - Jurusan Sastra Indonesia merupakan bidang keilmuan yang berfokus pada pembelajaran mengenai bahasa, sastra, dan budaya yang ada di Indonesia.
Dalam jenjang perkuliahan, program studi ini tak hanya mempelajari sebatas lingkup sastra saja, namun juga meluas di berbagai aspek lainnya seperti lingustik dan filologi. Pada era sekarang, lulusan Sastra Indonesia memiliki prospek kerja yang luas di banyak sektor pekerjaan karena masifnya perkembangan teknologi dan informasi. Kemampuan lulusan Sastra Indonesia dibutuhkan dalam dunia kerja, baik dalam bidang pendidikan, bisnis, maupun industri kreatif.

Baca juga: Berikut 5 Dampak Positif Menerapkan Sistem Kerja Shifting

Apa saja prospek kerja lulusan Sastra Indonesia? Mari kita simak pada penjelasan berikut.

1. Penulis

Lulusan Sastra Indonesia memiliki peluang kerja yang tinggi untuk menjadi penulis. Hal ini tidaklah mengherankan karena mereka unggul dalam kemampuan menulis, terutama menciptakan karya sastra seperti cerpen, puisi, dan juga novel. Sekarang menjadi penulis tidak terbatas pada karya yang diterbitkan dalam bentuk cetak saja, namun sudah merambah pada ranah digital seperti bidang media dan penulisan konten.

Mereka yang mengambil jurusan Sastra Indonesia bisa memanfaatkan sosial media, website, atau media lainnya untuk menghasilkan karya yang menghasilkan. Lebih luas lagi, lulusan Sastra Indonesia bisa menjadi penulis konten (content writer), penulis naskah (script writer), dan penulis iklan (copywriter) dengan mengasah skill mereka di bidang kepenulisan.

2. Jurnalis

Pekerjaan sebagai jurnalis juga dapat menjadi pilihan untuk lulusan Sastra Indonesia. Seorang jurnalis membutuhkan keahlian untuk menulis berita, melakukan liputan, dan melaporkan peristiwa sehingga lulusan Sastra Indonesia yang memiliki kemampuan tersebut dapat mencobanya. Jurnalis biasanya bekerja di perusahaan seperti kantor penerbitan, televisi, juga media online.

3. Master of Ceremony (MC)

Lulusan Sastra Indonesia dapat mencoba peluang kerja sebagai MC atau pemandu acara dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik. Seorang MC memiliki tugas untuk memandu dan memastikan acara berjalan dengan baik dari awal hingga akhir. Sebagai MC, dibutuhkan keahlian berbicara dengan kata-kata dan artikulasi yang jelas, serta dapat berkomunikasi dengan audiens. Hal ini menjadi keunggulan bagi lulusan Sastra Indonesia yang mempunyai kemampuan olah suara dan penguasaan bahasa yang baik.

Baca juga: Rekomendasi 6 Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian INFJ

4. Editor

Pada masa perkuliahan, lulusan Sastra Indonesia mempelajari kaidah kebahasaan berdasarkan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) yang sangat diperlukan apabila bekerja sebagai editor. Seorang editor bertanggung jawab memeriksa dan menyunting naskah yang berkaitan dengan aspek kebahasaan. Profesi editor biasanya bekerja di kantor berita atau penerbitan, namun sekarang dapat juga dikerjakan secara online karena banyaknya media-media berbasis digital.

5. Interpreter (Penerjemah)

Berbekal keahlian kebahasaan yang baik, tidak hanya bahasa Indonesia, namun juga bahasa asing dapat menjadi nilai tambah bagi seorang lulusan Sastra Indonesia. Profesi sebagai Interpreter (penerjemah) dapat menjadi salah satu pilihan, karena membutuhkan kemampuan berkomunikasi dan penguasaan dua bahasa atau lebih. Seorang penerjemah bertugas menjembatani komunikasi antar dua pihak atau lebih dengan bahasa yang berbeda. Mereka menerjemahkan dan mengomunikasikan kembali kepada dua belah pihak dalam percakapan tertentu.

Lulusan Sastra Indonesia yang menguasai dua bahasa atau lebih dapat memanfaatkan prospek kerja ini karena banyak perusahaan yang membutuhkan seorang penerjemah dalam proses pekerjaannya. Seorang intrepeter dapat bekerja di perusahaan asing, perusahaan swasta, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

6. Sosial Media Spesialis

Berkembang pesatnya sosial media dapat menjadi peluang kerja yang menarik bagi lulusan Sastra Indonesia, terutama bagi mereka yang aktif berinteraksi di media sosial. Seorang Sosial Media Spesialis berfokus pada konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan untuk tujuan tertentu.

Biasanya, mereka bertujuan untuk menghasilkan konten yang meningkatkan brand awareness perusahaan, memperluas marketing, ataupun meningkatkan engagement dari target audiensnya. Lulusan Sastra Indonesia dapat menerapkan kemampuan menulis dan ide kreatif mereka di prospek kerja ini.

Meskipun kuliah di jurusan Sastra Indonesia terkadang masih dipandang sebelah mata, ternyata lulusannya memiliki prospek kerja yang luas dan diperlukan di berbagai bidang pekerjaan. Dengan skill dan wawasan yang mumpuni, lulusan Sastra Indonesia juga dapat bersaing di dunia kerja.

Sekian pembahasan prospek kerja lulusan Sastra Indonesia, semoga dapat membantu memberikan informasi dan bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Rekomendasi 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kepribadian ISTJ

 


Editor: Ferina Rahma A. -

     

Komentar