Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Mengelola Kerja Shift Malam
Siker.id | 11 Dec 2021 10:15


Bagikan ke
Cara mengelola kerja shift malam yang benar. (siker)

siker.id - Rejeki memang selalu punya jalan yang berbeda. Sebagian mengais rejeki dengan bekerja pada jam normal dan sebagian lagi bekerja pada waktu-waktu tertentu atau biasa disebut shift worker. Pekerja shift juga terbagi beberapa waktu dan salah satu yang paling berisiko adalah kerja shift malam. Dalam sistem shift, fokus perusahaan bukan hanya tentang bagaimana sistem pergeseran jadwal kerja. Perusahaan juga tetap menyediakan pelayanan yang terbaik, tapi juga memperhatikan kesehatan karyawannya. Jadwal shift sengaja dibuat untuk mengoptimalkan produktivitas dan layanan. Berikut ini cara mengelola kerja shift malam!

Baca juga: Bagaimana Menjaga Pola Hidup Sehat Saat Kerja Shift?

1. Sisihkan Waktu Kerja dengan Tidur saat Shift Malam

Biasanya shift malam sangat minim dengan aktivitas atau hanya melakukan pekerjaan yang hanya sebuah urgensi. Maka sebaiknya bagi mereka yang memiliki waktu luang saat shift kerja, Anda dapat menyisihkan waktu untuk tidur sebentar beberapa menit. Menurut studi menyisihkan waktu 20 hingga 90 menit untuk tidur saat shift kerja malam dapat memperbaiki pikiran dan juga memberi sedikit energi saat bekerja.

2. Ngantuk? Hindari Kopi!

Menurut pakar nutrisi, Martin Kohlmeier ketika Anda mengantuk justru yang harus dilakukan adalah menghindari konsumsi kafein berlebih seperti kopi. Mengkonsumsi kopi hanya akan membuat kondisi semakin lelah. Sebaiknya konsumsi makanan atau minuman yang terhidrasi seperti air mineral dan buah-buahan yang kaya air. Minumlah air mineral setiap satu jam sekali untuk menghindari kelelahan atau ngantuk.

Baca juga: Berikut 6 Cara Meningkatkan Etos Kerja

3. Atur Pola Makan Sehat

Seseorang yang kerja shift malam cenderung mengalami sindrom metabolik dan mengalami peningkatan risiko obesitas karena pola makan yang buruk dan gangguan jam biologis tubuh. Merencanakan pola makan dapat membantu kita tetap sehat selama kerja shift malam dan lebih rileks ketika perlu tidur. Tetap makan dengan pola makan yang sama dengan pola makan di siang hari. Sering makan camilan yang sehat untuk menghindari rasa kantuk karena kekenyangan. Pilih makanan yang mudah dicerna seperti roti, nasi, pasta, salad, produk susu, buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang sulit dicerna seperti gorengan, makanan pedas, dan makanan olahan. Hindari makanan manis.

4. Atur Jadwal Shift

Mungkin di beberapa tempat kerja, jadwal shift sudah ditentukan dari pihak perusahaan. Namun, beberapa lainnya mungkin bisa kita tentukan sendiri. Jika bisa menentukan jadwal shift kerja, cobalah untuk tidak bekerja shift malam dalam waktu yang berturut-turut. Kita mungkin menjadi semakin kurang tidur selama beberapa malam di tempat kerja. Kita lebih mungkin untuk pulih jika dapat membatasi shift malam dan menjadwalkan hari libur di antaranya.

Sekian artikel tentang tips mengelola kerja shift. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Overthinking di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar