Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Key Performance Indicator; Macam dan Manfaat
Siker.id | 16 Aug 2023 10:00


Bagikan ke
ilustrasi KPI (siker / doc.freepik)

siker.id - KPI (Key Performance Indicator) adalah alat ukur yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. KPI memiliki beberapa karakteristik, seperti berupa ukuran non-finansial, ukuran yang kerap digunakan atau regular measurements, ukuran yang telah diketahui oleh pihak manajemen, seluruh orang yang terdapat pada suatu organisasi sudah mengerti maupun memahami KPI, bertanggung jawab kepada tim dan individu, dan mempunyai efek yang sangat signifikan.

Baca juga: Aplikasi Sistem KPI Wajib Digunakan Perusahaan, Baca Ini !

KPI memiliki beberapa jenis, yaitu KPI financial dan non-financial;

1. KPI financial 
Adalah KPI yang berhubungan dengan keuangan perusahaan, seperti pendapatan, laba, dan arus kas. 

2. KPI non-financial 
adalah KPI yang tidak berhubungan dengan keuangan perusahaan, seperti kepuasan pelanggan, kualitas produk, dan produktivitas karyawan.

Baca juga: 10 Aspek yang Dinilai dalam Penilaian Kinerja Karyawan

Masing-masing jenis KPI memiliki komponen tersendiri yang berada di bawah cakupannya.

Manfaat KPI 

Manfaat KPI bagi perusahaan adalah untuk memonitor apakah aktivitas-aktivitas kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan target bisnis. Dengan adanya KPI, stakeholder dapat melihat peran tiap individu dalam memajukan perusahaan. Dari sudut pandang SDM, KPI bisa mempermudah pencairan reward atau jenjang karir, apabila KPI yang ditetapkan tercapai.

Selain KPI, perusahaan juga dapat memberikan sanksi kepada karyawan yang melanggar aturan atau melakukan kesalahan. Beberapa jenis sanksi yang dapat diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan adalah surat peringatan, pemotongan gaji, penurunan jabatan, skorsing karyawan, pemutusan hubungan kerja (PHK), pencabutan tunjangan jabatan, tidak diberikan kenaikan gaji atau promosi, dan tidak diberikan bonus.

Baca juga: Inilah Indikator Untuk Penilaian Kerja Karyawan

Dalam mencari lowongan kerja, penting untuk memperhatikan KPI perusahaan yang menjadi target pencarian. KPI perusahaan dapat memberikan gambaran mengenai tujuan dan fokus perusahaan, sehingga dapat membantu para pencari kerja dalam menentukan apakah perusahaan tersebut cocok dengan kualifikasi dan preferensi mereka. Selain itu, memperhatikan sanksi yang diberikan oleh perusahaan juga penting untuk menghindari kesalahan atau pelanggaran aturan yang dapat berdampak pada karir di masa depan.

Secara keseluruhan, KPI adalah alat ukur yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. KPI memiliki beberapa jenis, yaitu KPI financial dan non-financial, dan memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan sanksi kepada karyawan yang melanggar aturan atau melakukan kesalahan. Penting untuk memperhatikan KPI dan sanksi perusahaan dalam mencari lowongan kerja untuk menghindari kesalahan atau pelanggaran aturan yang dapat berdampak pada karir di masa depan.

Demikian informasi yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Reporter: Lifiani
Editor: -

     

Komentar
Pencarian