Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mendapatkan SP dalam Pekerjaan? Hadapi dengan 8 Tips ini!
Siker.id | 14 Aug 2023 11:00


Bagikan ke
Ilustrasi (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Menerima surat peringatan dalam pekerjaan dapat menjadi suatu pengalaman yang menantang dan sulit baik secara fisik ataupun emosional. Jika kamu mendaptkan surat peringatan, penting untuk diingat bahwa surat peringatan dapat menjadi kesempatanmu untuk belajar, tumbuh, dan memperbaiki diri. Berikut adalah hal yang dapat kamu lakukan jika mendapatkan surat peringatan:

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Surat Peringatan Karyawan berikut ini

1. Tenangkan Diri dan Evaluasi

Pertama-tama, cobalah tenangkan diri dan jangan merasa terlalu terbebani oleh emosi. Ambil waktu untuk memahami alasan di balik surat peringatan tersebut. Evaluasi apa yang telah terjadi, identifikasi pelanggaran atau masalah yang dimaksud, dan apakah ada alasan yang mendasarinya.

2. Baca Surat Peringatan dengan Teliti

Setelah tenang, baca surat peringatan dengan saksama dan teliti. Pastikan kamu memahami alasan, pelanggaran yang diidentifikasi, dan langkah-langkah yang diharapkan perusahaan. Perhatikan juga tanggal dan batas waktu yang diberikan.

3. Periksa Fakta dan Bukti

Pastikan bahwa pelanggaran yang diidentifikasi dalam surat peringatan didasarkan pada fakta dan bukti yang benar-benar ada. Jika kamu merasa ada ketidaksesuaian atau salah paham, kumpulkan bukti yang mendukung argumen kamu sebelum berbicara dengan atasan atau departemen sumber daya manusia.

4. Ambil Tanggung Jawab

Jika memang kamu melakukan pelanggaran atau tindakan yang tidak sesuai, ambil tanggung jawab atas tindakan kamu. Mengakui kesalahan adalah langkah awal menuju perbaikan. Ambil tanggung jawabmu dan jangan berusaha menyalahkan orang lain.

Baca juga: Temukan Passion dalam Bekerja dengan 7 Tips ini!

5. Berkomunikasi dengan Atasan atau HR

Setelah kamu memahami situasi dengan baik, ajukan pertanyaan atau klarifikasi hal yang mungkin kamu perlukan kepada atasan atau departemen sumber daya manusia. Jika kamu merasa ada aspek yang perlu kamu jelaskan atau bahkan meminta maaf, lakukan dengan hormat dan profesional.

6. Perbaiki Diri

Berdasarkan alasan dan pelanggaran yang kamu lakukan, buat rencana perbaikan yang jelas dan spesifik. Tunjukkan komitmen kamu untuk memperbaiki perilaku atau tindakan tersebut. Rencana ini dapat mencakup langkah-langkah konkret yang akan kamu ambil untuk menghindari pelanggaran serupa di masa depan.

7. Lakukan Perubahan

Bertindaklah sesuai dengan rencana perbaikan yang kamu buat. Tunjukkan perbaikan dalam perilaku atau tindakan yang sudah kamu lakukan. Berikan bukti nyata bahwa kamu sudah berusaha memperbaiki diri adalah kunci untuk memulihkan kepercayaan dari atasan dan perusahaan.

8. Jadikan Pengalaman Sebagai Pelajaran

Menerima surat peringatan merupakan kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Lihatlah pengalaman ini sebagai pelajaran berharga dalam mengelola diri di lingkungan kerja. Jadikan sebagai momentum untuk mengembangkan keterampilan, berkomunikasi dengan lebih baik, dan meningkatkan kinerja.

Menerima surat peringatan dapat menjadi hal sulit dan ingin dihindari karyawan, tetapi juga dapat menjadi titik balik untuk perubahan positif. Dengan pendekatan yang dewasa, responsif, dan konstruktif, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menghadapi tantangan, memperbaiki diri, dan berkembang dalam karier. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Merasa Pekerjaanmu Tidak Sesuai? Hadapi dengan 6 Tips ini!


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian