Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Membangkitkan Semangat Kerja
Siker.id | 09 Dec 2021 13:45


Bagikan ke
Tips membangkitkan semangat kerja. (siker)

siker.id - Semangat kerja adalah kunci keberhasilan. Pemilik bisnis, manajer, dan eksekutif semua ingin mendapatkan hasil kerja yang maksimal dari setiap karyawannya. Di sisi lain, para karyawan terjebak dalam rutinitas kerja yang monoton seperti berangkat kerja pagi buta, tenggelam dalam setumpuk proyek dan rapat ini-itu, lalu pulang tengah malam. Hasilnya? Semangat kerja menurun drastis dan pekerjaan yang tadinya dicintai pun jadi terasa membosankan. Sengsara di tempat kerja tak perlu Anda jadikan sebuah gaya hidup. Berikut cara membangkitkan semangat kerja lagi!

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja

1. Jatuh Cintalah Pada Pekerjaan

Hal pertama yang harus Anda tanamkan dalam bekerja adalah mencintai pekerjaannya. Bila sudah memiliki rasa ini, dijamin seberat apa pun pekerjaan yang Anda jalani, pasti bisa teratasi. Carilah kebahagiaan selama bekerja, misalnya berteman baik dengan rekan kerja dan mengikuti berbagai aktivitas di luar pekerjaan seperti olahraga bersama.

2. Lakukan Relaksasi Saat Bekerja

Bekerja dengan keras dan serius boleh saja, tetapi jangan sampai lupa untuk beristirahat sejenak. Tubuh Anda juga butuh jeda untuk mengembalikan semangat dan kenyamanan selama bekerja. Coba berjalan ke pantry membuat segelas kopi atau teh hangat. Nikmati setiap tegukannya, pikiran tenang mampu mengembalikan semangat dalam bekerja. Kamu juga bisa melakukan peregangan otot biar gak tegang.

3. Fokus pada Kekuatan Terbaik Anda

Setiap orang pasti mempunyai satu hal yang sangat dikuasai seperti ahli dalam mendesain, melakukan pitching ke client, membuat presentasi, atau bahkan Anda mempunyai kekuatan untuk menjadi seorang leader dalam sebuah tim. Fokuslah pada kekuatan Anda dan gunakan kekuatan tersebut untuk hal yang positif seperti mengembangkan ide bisnis untuk perusahaan.

4. Ganti Suasana Kerja

Suasana kerja yang tidak kondusif tentu akan membuat siapapun kehilangan motivasi. Jika Anda merasakan hal tersebut, ada baiknya untuk mendiskusikan permasalahan ini kepada atasan Anda agar dapat dicari jalan keluarnya bersama-sama. Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu sumber yang menyebabkan suasana kerja menjadi tidak kondusif. Apakah hal tersebut berasal dari suasana kantor yang panas, rekan kerja yang berisik, peralatan kantor yang kurang memadai, atau beban kerja yang terlalu banyak. Setelah anda mengidentifikasi sumber tersebut, barulah Anda bawa permasalahan ini kepada atasan.

Baca juga: Mengapa Pengalaman Organisasi Penting Dalam Mencari Kerja?

5. Temukan Yang Membuat Anda Bahagia

Terdengar picisan, namun percayalah cara satu ini akan berhasil membantu meningkatkan semangat kerja Anda di kantor. Tidak peduli apa yang Anda lakukan atau di mana Anda berada, mulailah bahagia sejak detik ini. Hal ini bisa dilakukan sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri; setiap orang memiliki setidaknya satu hal kecil untuk disyukuri.

6. Buat Meja Kerja Senyaman Rumah Anda

Meja yang berantakan adalah tanda pikiran yang berantakan. Ingat, waktu yang Anda habiskan mencari kertas-kertas penting yang terselip di suatu tempat setiap hari adalah waktu tambahan yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika ingin semangat kerja tetap tinggi, coba sisihkan waktu sebentar untuk membersihkan dan merapikan meja. Boleh saja menghias meja kerja dengan gaya khas Anda. Dengan begitu, Anda bisa membuat diri Anda nyaman dan santai di kantor, layaknya di rumah sendiri.

Sekian artikel tentang membangkitkan semangat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Follow Up Hasil Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar