Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Alasan Anda Gagal Lolos Wawancara Kerja
Siker.id | 08 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Berikut alasan gagal lolos interview kerja. (siker)

siker.id - Nasib para pencari kerja ditentukan oleh proses wawancara kerja, apakah mereka bisa lanjut ke tahap selanjutnya, apakah terhenti. Namun ternyata banyak orang yang harus rela mengubur cita-citanya untuk bekerja di perusahaan impian mereka karena tidak berhasil memikat hati pewawancara. Apa saja yang membuat gagal wawancara kerja? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview

1. Datang Terlambat

Apabila pihak rekruter sudah meninformasikan jadwal tes interview, usahakan untuk tidak datang terlambat. Jika Anda terlambat pada saat akan mengikuti tes interview, hal ini akan akan membuat Anda dipandang tidak mampu menghargai waktu. Hal ini pastinya akan mengurangi nilai Anda dan menjadikan Anda gagal untuk masuk ke dalam perusahaan yang Anda inginkan.

2. Hindari Kesalahan Berbicara

Kesalahan berbicara bisa berakibat fatal juga. Anda diharuskan untuk jujur dan sopan agar pihak perusahaan tertarik menerima Anda. Jangan sampai Anda menyinggung perasaan pewawancara. Berikut ini yang harus Anda hindari agar tidak terjadi kesalahan dalam berbicara:

• Hindari berbohong,

• Usahakan untuk tidak berkeluh-kesah,

• Jagan mengkritik perusahaan,

• Hindari membicarakan kejelekan orang lain,

• Hindari berdebat.

Ya, beberapa hal diatas adalah hal-hal yang harus dihindari dalam berbicara karena mempengaruhi kualitas komunikasi Anda.

3. CV Tidak Detail

CV adalah media yang baik untuk mempromosikan diri Anda pada recruiter. Oleh karena itu, ketika Anda membuat CV dengan info yang kurang maka recruiter tidak akan tertarik untuk mempekerjakan Anda. Jadi, ketika melamar sebuah pekerjaan, Anda harus mempersiapkan CV dengan sebaik mungkin. Informasikan pengalaman dan keterampilan kerja Anda secara mendetail agar recruiter tertarik dengan profil Anda.

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview

4. Kurang Persiapan

Penyebab gagal interview yang selanjutnya disebabkan karena kandidat tidak memiliki persiapan yang cukup matang. Saat proses interview, perekrut atau pewawancara akan menggali banyak informasi tentang cara kerja dan pengalaman-pengalaman Anda sebelumnya. Jika sampai lupa tentang info yang ditanyakan recruiter, ini bisa menjadi penanda Anda tidak serius dalam mengikuti proses seleksi ini.

5. Interview Tidak Optimal

Selain karena kurang persiapan, alasan lain Anda ditolak kerja adalah karena interview yang tidak optimal. Mulai dari datang terlambat, tidak memperhatikan HRD yang mewawancaraimu, sampai tidak lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar. Bahkan bahasa tubuh Anda juga sangat berpengaruh.

6. Gaji yang Diminta Terlalu Tinggi

Saat interview, pasti akan ada pertanyaan mengenai ekspektasi gaji. Menjawab gaji terlalu tinggi ternyata bisa buat calon perusahaan kabur. Mereka pasti punya standar tersendiri, mempertimbangkan kemampuan Anda untuk posisi tersebut, dan tidak lupa juga ada kandidat lain yang mungkin memberi penawaran lebih menarik ke mereka.

7. Anda Tidak Menindaklanjuti

Perusahaan jelas menanti ucapan terima kasih yang menunjukkan bahwa Anda menginginkan pekerjaan itu. Jika Anda tidak menindaklanjuti, perusahaan bisa menganggap Anda tidak benar-benar menginginkannya.

8. Anda Terlalu Maju

Jika Anda pernah bekerja selama dua tahun dan telah melakukan pekerjaan yang jauh lebih maju daripada apa yang perusahaan butuhkan, Anda kemungkinan besar tidak akan diterima. Karena, Anda akan bosan! Perusahaan biasanya ingin semua orang yang mereka rekrut bisa merasa tertantang, mengambil langkah-langkah ke depan, dan selalu berkembang.

Sekian artikel tentang alasan gagal lolos wawancara kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Jenis Pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan Saat Interview


Editor: Theo Adi -

     

Komentar