Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Turnover Karyawan Tinggi? Atasi dengan 6 Tips ini!
Siker.id | 02 Aug 2023 10:45


Bagikan ke
Ilustrasi turnover (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Tingkat turnover atau perputaran karyawan yang tinggi dan sering terjadi, dapat menjadi suatu hambatan bagi perusahaan. Tingginya tingkat turnover karyawan dapat mengakibatkan biaya tinggi dalam merekrut dan melatih karyawan baru, mengganggu produktivitas, dan mengurangi kualitas pekerjaan. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan perlu menerapkan strategi yang efektif dalam meningkatkan retensi karyawan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi turnover yang tinggi pada perusahaan:

Baca juga: Ketahui 4 Jenis Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) Berikut ini

1. Identifikasi Akar Permasalahan

Langkah pertama dalam mengatasi turnover tinggi adalah mengidentifikasi akar permasalahan yang menyebabkan karyawan meninggalkan perusahaan. Lakukan analisis menyeluruh untuk mengetahui penyebab turnover, seperti masalah manajemen, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, kurangnya kesempatan pengembangan karier, atau masalah kompensasi.

2. Meningkatkan Kualitas Rekrutmen

Upayakan untuk merekrut karyawan yang tepat dan sesuai dengan budaya dan nilai-nilai perusahaan. Selain menilai kualifikasi dan keterampilan, pertimbangkan juga kecocokan pribadi dan kultural dengan tim dan perusahaan. Proses rekrutmen yang tepat dapat membantu memastikan bahwa karyawan akan bertahan lebih lama dalam perusahaan.

3. Berikan Dukungan dan Pengembangan Karier

Berikan dukungan dan kesempatan pengembangan karier kepada karyawan. Jalin komunikasi terbuka dengan karyawan untuk mengetahui aspirasi mereka dalam karier dan bantu mereka merencanakan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Peluang pengembangan karier yang jelas dapat mendorong karyawan untuk tetap berkomitmen pada perusahaan.

Baca juga: Ini 9 Hal yang Harus Kamu Lakukan Jika Menghadapi Layoff

4. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Ciptakan lingkungan kerja yang positif di mana karyawan merasa dihargai, didengar, dan didukung. Fasilitasi komunikasi antar tim dan manajemen untuk memperkuat ikatan sosial dan membangun tim yang solid. Juga, berikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi karyawan untuk meningkatkan rasa kepemilikan dan motivasi.

5. Evaluasi dan Sesuaikan Kebijakan Kompensasi

Evaluasi kebijakan kompensasi dan pastikan bahwa karyawan mendapatkan gaji dan tunjangan yang sesuai dengan kontribusinya. Pertimbangkan untuk menawarkan insentif atau bonus berdasarkan pencapaian kinerja dan produktivitas. Kompensasi yang adil dapat menjadi faktor penting dalam mempengaruhi keputusan karyawan untuk bertahan di perusahaan.

6. Beri Perhatian pada Employee Engagement

Fokus pada employee engagement atau keterlibatan karyawan adalah hal yang penting dalam mengatasi turnover tinggi. Libatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, beri mereka kesempatan untuk menyampaikan masukan, dan tingkatkan kolaborasi tim untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Mengatasi turnover tinggi merupakan tantangan yang dapat diatasi dengan strategi yang tepat.. Dengan fokus pada kebutuhan karyawan dan terus melakukan evaluasi, perusahaan dapat mengurangi turnover tinggi dan mencapai stabilitas perusahaan. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: 8 Penyebab Perusahaan Memiliki Tingkat Turnover yang Tinggi


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar
Pencarian