Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Hindari 5 Kesalahan Ini dalam Menggunakan LinkedIn
Siker.id | 21 Jul 2023 10:30


Bagikan ke
Ilustrasi linkedin (siker.id/dok. Canva)

siker.id - LinkedIn merupakan platform profesional yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk membangun jaringan, mencari pekerjaan, dan meningkatkan karier. Meskipun LinkedIn menawarkan banyak peluang kesuksesan di bidang profesional, seringkali banyak orang yang tanpa disadari membuat kesalahan-kesalahan dalam menggunakan LinkedIn sehingga penggunaannya tidak efektif. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam menggunakan LinkedIn:

Baca juga: Freelancer Harus Punya Rate Card! Ini 7 Tips Membuatnya

1. Profil Tidak Lengkap atau Tidak Profesional

Kesalahan paling umum yang sering terjadi adalah memiliki profil yang tidak lengkap atau tidak profesional. Pastikan untuk mengisi semua bagian profil dengan informasi relevan, termasuk ringkasan, pengalaman kerja, pendidikan, dan keahlian. Sertakan foto profil yang profesional, bukan foto selfie yang kurang sopan.

2. Tidak Menggunakan Headline

Headline adalah hal pertama yang dilihat oleh orang-orang saat mereka menemukan profilmu. Terlalu banyak orang yang hanya menggunakan judul pekerjaan saat ini tanpa memberikan informasi tambahan yang menarik atau pernyataan unik tentang diri mereka. Gunakan kata kunci yang relevan dengan bidang atau industri untuk meningkatkan visibilitas profilmu.

3. Tidak Membangun Jaringan

LinkedIn adalah platform yang efektif untuk membangun jaringan profesional. Mengabaikan membangun jaringan dengan orang-orang di industri yang kamu tekuni atau yang memiliki minat serupa dapat mengurangi peluang untuk mendapatkan koneksi. Mulailah dengan mengundang rekan kerja, teman, dan kolega untuk terhubung denganmu di LinkedIn.

Baca juga: Ini dia 4 Perbedaan Sekretaris dan Personal Assistant

4. Spamming atau Berlebihan Dalam Mempromosikan Diri

Berbagi konten yang relevan dan bermanfaat merupakan hal yang baik, tetapi berlebihan dalam mempromosikan diri dapat mengganggu orang lain. Jangan terlalu berlebihan dalam mempromosikan suatu hal dan gunakan jadwal secara berkala.

5. Tidak Merespons Pesan atau Permintaan Connect

Ketika seseorang mengirimkan pesan atau permintaan connect kepadamu, tidak meresponsnya dapat memberikan kesan buruk tentang profesionalisme dan mengurangi peluang koneksi. Pastikan untuk merespons pesan dan permintaan terhubung dengan sopan dan aktif dalam berkomunikasi dengan koneksi yang kamu miliki.

LinkedIn merupakan platform untuk membangun dan meningkatkan reputasi profesional. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum yang disebutkan, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menarik klien, peluang kerja, dan jaringan bisnis. Ingatlah untuk selalu mempresentasikan diri secara professional dan berinteraksi secara aktif dengan koneksi LinkedIn. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Lancar Interview Kerja dengan Menerapkan 3 Teknik PAR


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar