Berikut Ini Beberapa Kelebihan Kerja Lapangan
Siker.id | 05 Dec 2021 17:50


Bagikan ke
Tidak selamanya kerja dilapangan itu buruk, karena ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh mereka yang kerja di kantor. (siker)

siker.id - Seiring berkembangnya zaman, kini banyak muncul jenis profesi atau pekerjaan baru yang, baik untuk pekerja kantoran maupun pekerja lapangan. Dengan adanya fenomena ini, pelamar kerja memiliki banyak peluang dan kesempatan untuk mencoba berbagai jenis profesi sesuai passion dan minatnya. Salah satu jenis kerja yang juga banyak peminatnya adalah kerja lapangan. Kerja lapangan yang cukup diminati banyak orang adalah event organizer, sales, fotografer, sampai pekerja di tambang minyak. Berikut ini beberapa kelebihan dari kerja lapangan yang mungkin Anda belum tahu!

Baca juga: Berikut Ini Macam Kerja Online Buat Menambah Penghasilan

1. Jam Kerja Lebih Fleksibel

Secara formal, perihal penetapan jam kerja tiap-tiap perusahaan bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Pada umumnya ada 2 pola penetapan jam kerja yang biasa mereka gunakan.

• 8 jam × 5 hari kerja

• (7 jam × 5 hari kerja) + (5 jam × 1 hari kerja)

Intinya sesuai dengan aturan Undang-undang Nomor 13 tahun 2003, yaitu total 40 jam perminggu. Bagi pekerja lapangan seperti sales motoris, motoris freelance dan lain-lain, orientasinya adalah target penjualan. Maka itulah jam kerja orang lapangan kadang berpotensi tidak tetap. Bisa lebih atau kurang dari 40 jam perminggu. Ketika target penjualan tercapai lebih cepat, maka itu artinya jam kerja mereka lebih pendek.

2. Peraturan Kerja Lebih Bebas

Ada kalanya seseorang punya keperluan mendadak yang harus segera ia selesaikan. Misalnya sekedar untuk pergi ke bank, ke kantor pos dan sebagainya. Seorang staff harus mendapat izin keluar kantor untuk menyelesaikan urusan kecil seperti itu. Sebaliknya, seorang pekerja lapangan tidak perlu semua itu karena pada dasarnya ia sudah berada di luar kantor.

3. Mendapatkan Banyak Benefit dan Bonus

Karyawan yang bekerja di lapangan biasanya bekerja dengan target. Misalnya, seorang Sales akan mendapatkan lebih banyak bonus atau insentif apabila berhasil mencapai atau melebihi target yang telah ditetapkan oleh atasan. Berbeda dengan field engineer, bonus atau insentif yang mereka terima tergantung dengan durasi kerja mereka di lapangan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Berkarir Diluar Jurusan Pendidikan

4. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Salah satu manfaat dari bekerja di lapangan adalah membantu Anda meningkatkan keterampilan interpersonal karena Anda bertemu dengan banyak orang baru. Dengan bekerja di lapangan, Anda dapat memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan banyak individu yang memiliki beragam latar belakang yang berbeda, sehingga bisa menambah ilmu dan wawasan Anda.

5. Kepatuhan Lebih Longgar

Seorang staff harus mutlak patuh pada tata tertib perusahaan. Kondisi itu otomatis terjadi karena posisinya yang secara langsung berada dalam pengawasan atasan di ruang kantor. Berbeda dengan pekerja lapangan. Kita bisa menyesuaikan cara kerja sesuai kondisi lapangan.

6. Lebih Kuat Mental

Seorang staff pada umumnya hanya bertanggung jawab kepada atasan saja. Tidak seperti pekerja lapangan yang harus bertanggung jawab pada dua pihak, yaitu atasan dan klien atau customer atau konsumen. Tanggung jawab yang (relatif) lebih berat inilah yang paling berperan dalam pembentukan mental yang kuat. Faktanya, tidak ada seorangpun yang menjadi tangguh dengan didikan yang lembek.

Sekian artikel tentang kelebihan kerja lapangan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Kuliah Sambil Bekerja?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar